WartaSolo.com – Stroke saat ini menjadi penyakit yang paling banyak diderita masyarakat dengan penyerangan secara tiba-tiba. Hal inilah penyakit stroke menjadi momok bagi masyarakat.

Apa itu Stroke? Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak.



Penyakit stroke dapat dicegah dengan mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan nutrisi tertentu. Apa saja jenis makanan tersebut, dan kandungan nutrisi apa yang mampu membuat stroke menjauh dari diri Anda? Berikut dikutip dari Sidomi, Rabu (21/05/2014):

Kacang-kacangan

Jenis makanan ini kaya akan vitamin B, mengandung juga asam folat, serta kaya serat. Penelitian menyebut bahwa jenis makanan yang mengandung folat mampu menurunkan tingkat resiko terjadinya stroke, bahkan hingga mencapai 20 persen. Tak hanya sehat bagi jantung, makan jenis kacang-kacangan juga baik untuk otak.

Antioksidan

Berbagai jenis makanan yang kaya antioksidan antara lain adalah buah dan sayur dengan warna yang menyolok, seperti kuning, merah, hijau dan ungu. Makanan ini baik untuk mengurangi peradangan serta plak pada pembuluh arteri Anda, sehingga menjauhkan resiko stroke.

Ikan

Ikan, terutama yang berasal dari laut, mengandung asam omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah. Zat ini juga berguna untuk mengurangi pembekuan darah, sehingga berkhasiat juga untuk menurunkan tingkat kemungkinan terjadinya stroke sampai 27 persen.

Kalium

Kalium adalah zat yang terdapat dalam jenis buah seperti pisang, kismis, kentang juga sayur bayam. Kalium yang dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan resiko stroke sampai 28 persen.

Magnesium

Mangnesium biasanya banyak terdapat pada gandum dan jagung. Zat ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda, untuk mencegah terjadinya stroke.