Tips membersihkan Telinga Yang Aman Untuk Anak



tips membersihkan telinga anak dengan aman

Tips membersihkan Telinga Yang Aman Untuk Anak. Sebagai orangtua kita harus menjaga kebersihan seluruh anggota badan anak secara rutin. Terlebih kebersihan, karena telinga membutuhkan perhatian ekstra saat membersihkannya. Kalau tidak, antaran bunyi bisa terganggu karena tumpukan kotoran telinga (serumen/ear wax). Bila kotoran sudah keras, akan makin susah dikeluarkan dari telinga anak. Telinga bersih, pendengaran pun jernih. Berikut tips membersihkan telinga anak dengan aman

  • Sebagai orangtua lihat secara rutin apakah ada kotoran di telinga anak.
  • Perhatikan anak apabila ia sudah mulai mengorek-ngorek,menggaruk-garuk dan menari-narik telinganya. Lihat dengan seksama apakah ada kotoran di liang telinganya.
  • Kotoran telinga memang keluar dengan sendirinya. Namun bukan berarti menggelinding keluar. Bila kita perhatikan dengan seksama, di bagian luar liang telinga anak akan tampak kotoran berwarna kekuningan. Itu artinya kotoran sudah keluar sendiri.
  • Bila Anda membersihkan cotton bud (kapas bertangkai) gunakan hanya untuk membersihkan kotoran di liang telinga bagian terluar. Dengan catatan, kotorannya terjangkau dan masih lunak.
  • Hati-hati saat menggunakan cotton bud, jangan terlalu dalam, jangan lebih dari 1 cm.Dikhawatirkan kotoran akan terdorong ke dalam. Kotoran itu dapat terakumulasi di dalam telinga dan mengganggu pendengaran.
  • Kotoran yang keras itu sebenarnya dapat diambil sendiri (tanpa harus ke dokter) dengan melunakkan kotorannya terlebih dahulu dengan menggunakan cairan karbogliserin (dapat dibeli di apotik). Tapi kalau Anda ragu, lebih baik bawa anak ke dokter saja.
  • Balita memang dianjurkan kontrol teratur ke dokter ahli THT setiap 6 bulan sekali.
  • Selesai membersihkan, keringkan telinga anak dengan handuk atau kain lembut.
  • Sebaiknya Anda menghindari anak dari paparan suara keras yang terus menerus agar tidak merusak gendang telinga.

Demikian tips membersihkan telinga anak dengan aman. Sebaiknya buat jadwal tersendiri untuk membersihkan telinga. Selain itu jangan menaruh cottonbud ditempat yang mudah dijangkau anak. Takutnya anak mengambil cottonbud dan mengorek telinganya sendiri karena sangat berbahaya. Semoga tips diatas bermanfaat. Baca Juga: Tips Agar Gigi Anak Tumbuh Dengan Rapi serta Tips Mengatasi Kecanduan Anak Pada Gadget Dan TV  [YuQe-WartaSolo.com]