5 Jenis Penyakit Mata, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

5 Jenis Penyakit Mata, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

5 Jenis Penyakit Mata, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi. Mata merupakan organ inti untuk semua mahluk hidup. Dari mata kita bisa melihat isi dunia dan melakukan berbagai jenis aktivitas. Namun mata juga seperti organ tubuh lain yang bisa terkena penyakit dan fungsinya mengalami penurunan. Ada berbagai jenis penyakit mata yang bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, anak-anak, remaja hingga orang lanjut usia. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit mata yang sangat umum. Berikut beberapa jenis penyakit mata:

Degenerasi Makula


Degenerasi makular yang merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia, paling sering terjadi pada usia diatas 60 tahun. Walaupun penyakit ini tidak mengakibatkan kebutaan total, namun keterbatasan kemampuan penglihatan akan terjadi. Seiring berjalannya waktu ke waktu penyakit ini cenderung memburuk dan penyakit ini termasuk kondisi yang berkaitan dengan umur.

Baca Selengkapnya : Degenerasi Makula: Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Glukoma

Glaukoma merupakan salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah yang mengakibatkan saraf mata akan mati

Baca Selengkapnya: Glukoma – Penyebab, Ciri, Cara Mengatasi

Katarak

Katarak merupakan bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan membuat indra peglihatan kabur saat melihat benda. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Baca Selengkapnya: Katarak – Gejala, Penyebab, Pengobatan

Mata Juling

Mata juling atau strabismus seringkali muncul pada masa kanak-kanak. Pada mata juling, otot mata yang terhubung ke otak tidak bekerja dengan tepat antara mata kanan dan mata kiri bahkan keduanya sehingga gerakan mata berbeda, padahal seharusnya kedua mata bergerak ke arah yang sama.

Baca Selengkapnya: Mata Juling – Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Mata Bintitan

Bintitan merupakan kondisi ketika bintil menyakitkan yang berbentuk seperti jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata(biasa disebut timbilan). Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap.

Baca Selengkapnya: Mata Bintitan. Gejala Penyebab, Cara Mengatasi

Demikian 5 Jenis Penyakit Mata Yang Sering diderita masyarakat. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. selalu jaga kesehatan, terutama kesehatan mata. Salam Sehat Selalu. [YuQe-WartaSolo.com]

 

 

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: gejala awal penyakit mata, dan lainnya.
Loading...