Mengcengangkan, Bakteri di Ponsel dan Laptop Ini Mampu Bunuh 10 Juta Jiwa



Mengcengangkan Bakteri di Ponsel dan Laptop Ini Mampu Bunuh 10 Juta2 Jiwa wartasolo.com

Mengcengangkan, Bakteri di Ponsel dan Laptop Ini Mampu Bunuh 10 Juta Jiwa. Di luar dugaan yang terjadi atas ponsel dan laptop kita yang setiap hari kita gunakan ternyata sarang bakteri super (superbugs) yang sangat berbahaya dan mematikan. Temuan tersebut disampaikan para ahli antimikroba dari Kastus, yang menangani penelitian di sebut Superbugs tadi ditemukan pada gagang pintu, ATM, ponsel, laptop, lantai, dan tombol lift pada sebuah kampus di Irlandia yang tidak disebutkan namanya.

Kotoran dan bakteri yang berpotensi berbahaya tadi juga ditemukan pada pegangan pintu toilet dan tombol lift. Sedangkan bakteri berbahaya lain seperti Listeria ditemukan pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan salmonella ditemukan di keyboard komputer/laptop.

Jejak bakteri Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), yang dapat mengancam jiwa seseorang bila memasuki aliran darah melalui luka ditemukan pada dispenser air panas di kantin, pintu toilet, tutup sampah dan di ponsel.

“Ketika kami mulai mendanai proyek penelitian kami menduga akan menemukan tingkatan tertentu dari suatu bakteri. Tapi kami menemukan sesuatu yang benar-benar mengejutkan. Kami percaya temuan ini tidak berbeda jauh atas apa yang akan ditemukan di tiap tempat di Inggris, Amerika Serikat atau bangunan umum di Irlandia,” kata chief executive Kastus, John Browne, dikutip dari Big News Network, Selasa (28/2/2017).

BACA JUGA: Penyebab Utama Penyakit Lupus

Mampu membunuh 10 juta jiwa

“Bakteri ini bisa membuat orang jadi sangat sakit, dan pada akhirnya terbunuh. Data dari penutupan rumah sakit dan hotel menunjukkan parahnya permasalahan ini. Institusi perlu menyadari risiko yang berhubungan dengan bakteri-bakteri ini. Mereka harus mulai bertanggungjawab atas kesehatan dan kesejahteraan penghuninya,” lanjut Browne.

Risiko bakteri superbugs sangatlah besar dan tidak bisa diremehkan. Diprediksi, bakteri super ini akan membunuh 10 juta orang sampai tahun 2050.

Browne menambahkan, “Kastus akan melakukan riset lanjutan di tahun-tahun mendatang yang akan melibatkan institusi kesehatan, pusat kebugaran, dan hotel. Dan harapannya, dengan mengedukasi publik, kita bisa memastikan teknologi penting seperti milik kami bisa menjadi standar dalam usaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman.”

Tips aman dan sehat setiap orang harus memastikan benda, alat, ataupun fasilitas umum agar benar-benar steril. Untuk barang ataupun benda milik sendiri sangat mudah dilakukan. Untuk fasilitas umum kita menggunakan alat semacam kaos tangan, tisu steril dan menghindari memegang benda yang diragukan non-steril. BACA JUGA: Inilah 21 Contoh Jenis Penyakit Mata dan Gejalanya. [M. Anis – WartaSolo.com]