Mengenal Golongan Manusia yang Diharamkan Api Neraka wartasolo.com

Mengenal Golongan Manusia yang Diharamkan Api Neraka

Mengenal Golongan Manusia yang Diharamkan Api Neraka. Tidak perlu bertanya lagi panasnya sebuah api. Tidak ada keraguan sedikitpun bahwa api itu panas. Api bumi yang panasnya bisa melahap seantero hutan saja panasnya seperti itu apalagi api neraka. Api yang dalam kesempatan hadist lain dikabarkan panasnya 70 kali dari api bumi. Suhanallah. Maha Suci Allah dari segala apa yang diciptakan-Nya. Beruntunglah seseorang yang tidak tersentuh api neraka.

Beginilah kajian dari seorang dai kondang yang akan memberi penjelasan kepada kita mengenai siapa saja golongan yang diselamatkan Allah SWT dari kobaran api neraka. Semoga kita terhindar dari apa yang Rasulullah sampaikan. Berikut kajian mengenai golongan manusia yang diharamkan api neraka nanti di yaumuil akhir:

Siapakah empat golongan yang haram disentuh api neraka berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan Imam Ibnu Hibban Rahimahumallahu Ta’ala?

Berikut ini penjelasan yang dituturkan oleh dai kharismatik KH Muhammad Arifin Ilham.

ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ

“Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) neraka?” tanya Rasulullah. Para sahabat berkata, “Iya, wahai Rasulallah!” Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “(Haram tersentuh api neraka) orang yang hayyin, layyin, qorib, dan sahl” (HR. Imam At-Tirmidzi dan Imam Ibnu Hiban).

1. Hayyin

Ialah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan gampang marah, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat, serta teduh jiwanya.

BACA JUGA: Keistimewaan Hari Jumat yang Sering Dilupakan

2. Layyin

Adalah orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau berbuat. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri . Tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya. Tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

3. Qorib

Yaitu pribadi yang akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan diajak bicara. Biasanya murah senyum jika bertemu.

4. Sahl

Mereka tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan orang lain.

Inilah bingkai akhlak yang mulia, Sahabatku.

Sungguh merugi apabila setiap hamba tidak menyadari begitu dahsyatnya api neraka. Tetapi sungguh beruntung mereka yang masuk kategori golongan manusia yang diharamkan api neraka. BACA JUGA: Amalan-amalan Hari Jumat yang Disunnahkan. [M. Anis – WartaSolo.com]

 

 

Dikutip dari: Tarbawia