Tips Merawat Kandungan atau Rahim Pada Wanita Hamil



tips merawat kandungan

Tips Merawat Kandungan atau Rahim Pada Wanita Hamil. Masa hamil merupakan masa yang ditunggu-tunggu oleh perempuan yang sudah menikah, terlebih bagi pasangan yang sudah lama menikah namun belum dikaruniai keturunan. perawatan pada saat kehamilan bagi janin dan ibu sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. perawatan dari dalam sangat diperlukan selain itu perawatan dari luar juga sangat dibutuhkan, misalkan asupan nutrisi janin, kebbersiha ibu hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi sesuatu dengan janinnya. berikut tips merawat kandungan atau rahim.

  • Jangan terlalu sering menahan kencing yang bisa menyebabkan infeksi pada vagina dan saluran kencing. (baca: keluhan yang terjadi saat trimester pertama masa kehamilan)
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk yang mengandung xenoestrogen yang memicu tingginya estrogen dalam tubuh.
  • Jalani kebiasaan hubungan intim hanya dengan pasangan atau melakukan sex aman. Jadi jangan sampai memiliki banyak pasangan dan lebih baik hanya satu pasangan yang setia saja
  • Biasakan untuk selalu menjaga organ intim agar selalu bersih, tidak keputihan dan merawat keputihan jika ada masalah tersebut. (baca: cara mengatasi keputihan gatal)
  • Biasakan untuk melakukan latihan otot panggul dengan cara berenang, berjalan kaki atau berlari ringan. Jangan terlalu sering melakukan olahraga ekstrim yang berbahaya untuk rahim.
  • Perhatikan untuk menjaga nutrisi yang baik untuk tubuh seperti lemak sehat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Anda bisa mencoba mengkonsumsi seimbang beberapa sayuran, buah, daging, ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan. (Baca: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil)
  • Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan makarel, ikan sarden dan produk lain.
  • Jika sudah menikah maka kendalikan masa pengatur jarak kelahiran dengan KB, namun pilih jenis jenis KB yang aman.
  • Jaga berat badan agar tetap ideal sehingga tidak mengalami obesitas yang bisa memicu penyakit pada rahim dan resiko diabetes.
  • Biasakan untuk tidak terlalu sering duduk dalam waktu lama dan selalu bergerak aktif. (baca: penyebab kandungan lemah dan penanganannya)
  • Perhatikan untuk tidak merokok, minum alkohol, terlalu sering begadang dan menggunakan narkoba. Atau sebagai perokok pasif

Jadi semua wanita harus mengelola berbagai penyebab kandungan lemah yang berasal dari kelainan masa pertumbuhan maupun faktor kesehatan tertentu. Cara memelihara rahim bisa membantu mengelola masalah penyebab kandungan yang lemah sehingga bisa meningkatkan peluang kehamilan normal. Selalu jaga asupan gizi serta kesehatan dan kebersihan organ intim. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe-WartaSolo.com]