WartaSolo.com – Peringatan “Rokok Membunuhmu” dalam kemasan maupun iklan rokok sudah menggambarkan bahwa merokok adalah sangat merugikan kesehatan baik diri kita maupun kesehatan orang-orang di sekitar kita. Apalagi merokok saat hamil bagi kaum hawa, itu akan berakibat buruk bagi kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya.

Sebuah penelitian terhadap ibu hamil yang merokok terungkap bahwa kemungkinan kerusakan dan kelainan jantung pada janin yang dikandung meningkat ketika ibu merokok saat awal-awal kehamilan. Resiko tersebut akan semakin tinggi jika ibu hamil tidak menghentikan kebiasaan merokoknya.


Seperti dikutip Warta Solo dari situs Health Day News, Senin (5/5/2014) hasil tersebut terungkap setalah penelitian dilakukan terhadap ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok pada awal kehamilan. Penelitian juga dilakukan dengan mengamati 14.000 anak dengan kelainan jantung dari tahun 1989 hingga 2011 dengan 62.300 anak yang sehat serta kebiasaan ibu mereka saat hamil.

Hal yang membuat tercengang adalah wanita yang ibunya saat awal kehamilan merokok memiliki resiko besar akan memiliki anak dengan kelainan jantung. Seorang anak yang ibunya merokok juga memiliki resiko kemungkinan terdapat lubang pada dinding jantungnya yang tidak bisa disembuhkan tanpa operasi.