Tumbangnya Partai Anti Islam di Pemilu Belanda



Tumbangnya Partai Anti Islam Di Pemilu Belanda wartasolo.com

Tumbangnya Partai Anti Islam di Pemilu Belanda. Pemilu Belanda yang digelar Rabu (15/3/2017) beberapa hari lalu menyisakan rasa pilu. Pasalnya Partai untuk Kebebasan (PVV) harus menerima kenyataan pahit (19 kursi). Partai anti-Islam itu keok pada Pemilu Belanda 2017 . Ia tertinggal jauh dari Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD) yang memperoleh 31 kursi. Kelegaan Eropa atas peristiwa ini sungguh diharapkan.

Martin Schulz, mantan presiden Parlemen Eropa mengatakan ia merasa ‘lega’ bahwa partai pimpinan Geert Wilders, PVV, kalah.


“Kita harus terus berjuang bagi Eropa yang bebas dan terbuka,” cuitnya. Wilders sendiri, kendati kecewa memperingatkan, bahwa dia tak akan surut.

BACA JUGA: Hercules Masuk Islam, Mantan Preman Tanah Abang yang Berhati Mulia

Geert Wilders pimpinan partai PVV adalah tokoh kontroversial yang anti Islam. Wilders pernah memproduksi Film Fitna pada tahun 2008. Ia mengkampanyekan bahwa Islam adalah agama terorisme yang harus dilawan. Ia juga menerbitkan buku berjudul Marked for Death: Islam’s War against the West and Me (Dicap Mati: Perang Islam Melawan Barat dan Saya).

Wilders yang anti Islam ini juga punya aksi nyata pernah mengusulkan kepada pemerintah Belanda untuk melarang Al Qur’an di negara itu. Ia menyebut Al Qur’an sebagai buku yang hanya menghasut, menyebarkan kebencian dan permusuhan.

Karakter mirip pemimpinnya, PVV juga dikenal sebagai anti-Islam karena kebijakan-kebijakannya yang memusuhi agama dengan perkembangan tercepat di Eropa itu.

Hasil Lengkap Exit Poll Pemilu Belanda 2017

Berikut adalah hasil lengkap exit poll yang dirilis lembaga survei Ipsos, seperti dilansir laman Haaretz, Kamis (16/3).

VVD (Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi): 31 kursi

PVV (Partai untuk Kebebasan): 19 kursi

CDA (Partai Kristen Demokratik): 19 kursi

D66 (Partai Demokrat 66): 19 kursi

GroenLinks (Partai Hijau): 16 kursi

SP (Partai Sosialis): 14 kursi

PvdA (Partai Buruh): sembilan kursi

ChristenUnie (Partai Uni Kristen): enam kursi

Partij voor de Dieren (Partai untuk Hewan): lima kursi

50plus: empat kursi

Denk: tiga kursi

SGP (Partai Reformasi Politik): tiga kursi

Forum voor Democratie (Partai Forum Demokrasi): dua kursi.

BACA JUGA: Mengenang KH Hasyim Muzadi dalam Tulisan, Ukaisyah: Mantan Preman Menangis Dalam Pelukan Nabi. [M. Anis – WartaSolo.com]