Mudahnya Membuat Saus Teriyaki dan Resepnya: Benar-Benar Menggoda Lidah. Saus teriyaki yang banyak beredar di Indonesia berasal dari bahan yang halal. Memang saus teriyaki yang asli dikenal di Jepang memakai sake yang untuk umat Islam tidak dipakai karena mengandung alkohol. Disini saus teriyaki adalah saus dengan bahan dasar kecap dan gula dengan beraroma rasa khas. Teriyaki sendiri adalah teknik memasak makanan negeri Sakura yaitu mengoles bahan masakan ketika dalam proses memasak.

Wujud saus teriyaki berwarna coklat kemerahan dan sedikit kental. Namun, masyarakat Indonesia memodifikasi saus teriyaki dengan mengganti sake menjadi madu. Agar lebih berempah, saus teriyaki sering ditambahi jahe, bawang putih, hingga sari jeruk. Saus teriyaki dapat dibuat sendiri di rumah. Memang sudah banyak jenis saus teriyaki instant dipasaran. Saus teriyaki cocok digunakan sebagai saluting sauce untuk masakan berbahan daging. Apalagi ayam yang terkenal dengan ayam teriyaki. Padahal bahan lain selain ayam menambah daftar menu makanan Anda.


BACA JUGA:

Saus teriyaki pada dasarnya adalah bahan penyedap masakan. Saus ini dibuat dengan inti kecap Jepang atau biasa disebut shoyu dan gula. Saus teriyaki yang memiliki rasa manis mampu menambah cita rasa dalam masakan yang cenderung gurih atau hambar, seperti steak, tumisan, dan sebagainya.

Saus teriyaki tidak terlalu tahan disimpan dalam waktu yang lama, kecuali saus teriyaki pabrikan yang sudah ditambahkan bahan pengawet. Sebaiknya Anda membuat sendiri saus teriyaki di rumah supaya lebih segar. Berikut ringkasannya:

Bahan-bahan:

  • Kecap manis 3 bagian
  • Kecap asin 1 bagian
  • Gula Pasir
  • Madu (pilihan)
  • Jahe yang telah disarikan (dibakar, geprek, lembutkan dan ambil sarinya)
  • Bawang putih dicincang halus
  • Kecap Jepang Shoyu (bila ada)
  • (catatan: semua bahan perbandingannya disesuaikan dengan minatnya, misalkan bila terasa agak asam, bila cenderung manis tinggal tambahkan gula lebih, dan selanjutnya)

Langkah-langkah mudahnya membuat saus teriyaki:

  1. Siapkan kecap Jepang (shoyu) atau bila tidak ada Anda bisa menggantinya dengan saus kecap manis dan asin dengan perbandingan 3 : 1, gula pasir, jahe yang telah diperas dan diambil sarinya, dan bawang putih yang sudah dicincang halus.
  2. Rebus sedikit air, masukkan kecap, gula pasir, jahe, dan bawang putih. Anda bisa menambahkan madu untuk cita rasa sedikit asam.
  3. Masak saus teriyaki sampai mengental. Sajikan selagi hangat.

BACA JUGA: Ayam Teriyaki Terpedas Sejagad, Bikin Lidah Melet-melet. [M. Anis РWartaSolo.com]