Manfaat Jahe Merah Mampu Mengatasi Rematik Dan Baik Untuk Diet

Manfaat Jahe Merah Mampu Mengatasi Rematik Dan Baik Untuk Diet

Manfaat Jahe Merah Mampu Mengatasi Rematik Dan Baik Untuk Diet. Siapa yang tidak kenal dengan jahe? Jahe adalah salah satu tumbuhan yang berupa rimpang yang tumbuh didalam tanah. Jahe biasanya digunakan untuk membuat minuman sebagai penghangat badan pada saat cuaca dingin. Ada banyak jenis jahe salah satunya yaitu jahe merah. Manfaat jahe merah sangat banyak terutama untuk kesehatan tubuh dan kecantikan tubuh.

Jahe merah yang mempunyai nama latin zingiber officinale var rubrum yaitu salah satu jenis jahe yang kandungannya sangat kuat. Jahe merah mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jahe lainnya tapi khasiatnya yang paling banyak. Kandungan yang paling banyak terdapat di jahe merah ialah minyak asirin dan kandungan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Manfaat jahe merah bagi kesehatan sangat banyak dari mulai menyembuhkan penyakit rematik sampai mampu untuk diet. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari jahe merah.

Mengatasi rematik

Dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak pada sendi. Penyakit rematik atau encok dapat disembuhkan dengan menggunakan jahe merah.Cara menggunakannya sangat mudah, rebus beberapa rimpang jahe merah dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, kemudian air rebusan diminum dua kali sehari. Selain itu kita bisa menghaluskan jahe merah dan diletakkan pada bagian tubuh yang bengkak rasa hangat yang ditimbulkan akan mengurangi nyeri.

Menyembuhkan batuk

Manfaat jahe merah untuk batuk tidak hanya melegakan saja tapi juga bisa menyembuhkan. Selain untuk mengatasi batuk, jahe merah juga dapat mengatasi radang tenggorokan. Sifat dari jahe merah yang menghangatkan inilah yang dapat membantu menyembuhkan sakit batuk dan radang tenggorokan yang sangat menyiksa.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan dalam jahe merah yang banyak manfaatnya mampu membuang racun dalam tubuh, salah satunya yaitu kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu manfaat dari jahe merah yaitu melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hancur.

Menghilangkan jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat jahe merah untuk kecantikan diantaranya dapat menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah caranya sangat mudah. Jahe yang sudah dibersihkan pijatkan pada wajah sampai keluar cairan minyaknya kemudian tutup semua muka dengan irisan jahe merah.

Meredakan sakit kepala

Untuk meredakan sakit kepala dengan jahe merah caranya sangat mudah. Seduh jeruk merah dengan air hangat atau hisap aroma jahe merah yang sudah dipotong-potong. Anda juga meminum seduhan jahe merah dengan ditambahkan gula merah. Manfaat yang bisa anda dapatkan adalah tubuh menjadi hangat dan baik untuk lambung.

Membantu diet

Manfaat jahe merah yang lainnya yaitu dapat membantu diet. Manfaat jahe merah untuk diet ini bisa Anda dapatkan dengan cara meminum air jahe merah secara rutin. Jahe merah bisa membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.

Simak Juga: Manfaat Jahe Untuk Menurunkan Berat Badan

Jahe memang sangat banyak manfaatnya, tapi perlu diperhatikan bagi penderita maag akut jahe merah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan dalam jahe merah sangat kuat dan dapat menyebabkan lambung serasa terbakar. Bagi yang menderita masalah lambung sebaiknya mengkonsumsi jahe merah tidak terlalu banyak atau bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter keluarga.

Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat dari jahe merah. Semoga ulasan diatas menambah pengetahuan dan menjadikan kita lebih mengerti tentang tanam,an obat yang ada disekitar kita.[YuQe-WartaSolo.com]

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.