Resep dan Cara Memasak Mie Bakar Telolet, Bikin Bibir “Doweh”

Resep dan Cara Memasak Mie Bakar Telolet, Bikin Bibir "Doweh"

Resep dan Cara Memasak Mie Bakar Telolet, Bikin Bibir “Doweh”. Mie Bakar Telolet singkatan dari Mie Bakar Teriak Loncat Melet-melet atau disingkat Mie Bakar Telolet atau Mie Telolet. Kuliner dengan citarasa tinggi tapi dari bahan yang sederhana. Mie terpedas yang mungkin Anda cari. Mie Bakar Telolet dikenal seperti halnya Mie Bakar yang sedang viral di media sosial. Mie Bakar ini tidak jauh berbeda dari mie bakar lainnya. Hanya saja mie bakar ini memiliki pilihan tingkat pedas lain dari yang lain. 

Siapa yang penasaran? Mie bakar ini sebenanya sudah hadir di tengah Anda tentunya. WartaSolo.com sempat menemui pemilik dari Mie Bakar Telolet Ala Pak is. Ada hal lain apa dari mie bakar versi Pak is. Mie bakar Pak is memiliki pilihan bahan dasar tidak hanya satu. Versinya ada bahan mie kuning dan mie “tiwul”. Mie kuning dan mie tiwul memiliki rasa khas bila di bakar dengan daun pisang. Mie tiwul dikenal berasal dari olahan ketela pohon.

BACA JUGA:

“Mie Bakar Telolet saya ada 2 jenis mas, pertama dari mie kuning, kedua dari mie tiwul,” tuturnya, Pak Iswadi atau akrab dipanggil Pak is. Dia mau berbagi resep dan cara memasak mie bakar telolet ala Pak is. Dari obrolan kami setidaknya sekilas begitu simpel resepnya. Ada yang unik dan menarik dari resepnya.

Berikut resep dan cara memasak Mie Bakar Telolet Ala Pak is yang Bikin Bibir “Doweh”.

Porsi penyajian untuk 1 paket.

Bahan-bahan:

  • 1 porsi mie kuning atau mie tiwul, mie kuning hampir disemua pasar tradisional ada bila di daerah Anda ada mie tiwul Anda juga bisa mencobanya.
  • 10 (sepuluh) buah Cabai rawit pilihan untuk 1/2 porsi atau disesuaikan dengan tingkat pedasnya. Tingkat pedas Mie Bakar Pak is ada 5 level.
  • 2 buah siung bawang merah yang segar.
  • 2 buah siung bawang putih yang masih segar, Pak is memberikan menjelaskan bahwa keunggulan bahan-bahan yang masih segar karena rasanya masih kuat dan nikmat.
  • gula dan garam secukupnya
  • 1 buah pete untuk memperkuat cita rasa, tidak harus diikutkan
  • sayuran: 1 helai (sawi hijau atau kol) dan seledri, kalau bisa sawinya atau sayurannya tidak bekas disimpan dari almari es.
  • 1 butir telur ayam biasa atau daging giling.
  • 2 lembar daun pisang khusus sebagai pembungkus saat pembakaran. Daun pisang seperti apa ini Pak is.

Cara memasak Mie Bakar Telolet Ala Pak is yang Bikin Bibir “Doweh”.

  • Langkah pertama, pastikan bahan bumbu sudah dibersihkan, potong dan haluskan, lebih terasa enak nantinya bila diulek pakai tangan (memang agak capek untuk memperjuangkan kenikmatan kuliner yang satu ini).
  • Langkah kedua, rebuslah mie yang masih segar untuk 1 porsi (mie kuning atau mi tiwul), hanya sampai setengah matang.
  • Langkah ketiga, tiriskan mie tersebut lalu kasih sedikit minyak goreng agar tidak menggumpal (teknik semprot lebih baik agar membasahi mie sampai celah dan sesuai takaran).
  • Langkah keempat, panaskan minyak goreng baru di wajan sebesar kebutuhan bumbu di atas, masukan bawang putih bawang merah beserta cabai yang sudah halus tadi, masukan telor/ daging lalu goreng dan aduk dengan api sedang, masukan sayuran yang dipilih, aduk hingga merata di seluruh permukaan mie, segera angkat (dihindari terlalu lama gorengnya).
  • Langkah kelima, bungkus mie tersebut dengan 2 lembar daun pisang pilihan (2 lapisan daun pisang), bakar di atas teflon, direkomendasikan membakarnya di atas bahan yang bukan logam seperti batu, arang dan lain-lain sampai harum dan sedap bau daun pisang menyatu dengan mie dan bumbunya, dengan ciri daun pisang berwarna gosong gelap. Angkat dan sajikan sambil menyiapkan penawar pedasnya. Karena dijamin bibir Anda “doweh” nantinya.

Mau dicoba tingkat pedasnya? Warung Pak is beralamat di Saradan 9/3 Karangmalang Sragen Jawa Tengah, tepatnya 5 menit ke utara dari lokasi wisata populer Sragen, Taman Dayu. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke sana akan sangat mudah menemuinya. Pemesanan juga dilayani via We A di nomor 082322480678 dengan radius dekat sesuai jangkauan. Harga mie bakar Pak is mulai dengan sepuluh ribu rupiah. Terus monitor Kuliner WartaSolo.com ya, agar resep masakan Anda makin lengkap dan komplit. BACA JUGA: Resep Kue Lebaran Terbaru 2017. [M. Anis – WartaSolo.com]

Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.