Di Saat Batuk Melanda, Inilah Makanan dan Minuman Yang Harus di Hindari



inilah makanan dan minuman yang dihindari saat batuk melanda

Di Saat Batuk Melanda, Inilah Makanan dan Minuman Yang Harus di Hindari. Disaat batuk melanda kadang kita merasakan tidak nafsu makan seperti biasanya. Akan tetapi, untuk minum malah sering dilakukan banyak orang dalam keadaan batuk. Memang sangat tidak mengenakkan ketika dalam beraktivitas sehari-hari diselimuti dengan batuk yang sangat mengganggu. Bahkan cenderung tidak dapat beraktivitas dengan baik karena batuk itu sendiri.

Walau ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu meringankan batuk, namun ada juga beberapa yang harus dihindari sementara waktu selama batuk. Karena beberapa jenis makanan dan minuman dapat membuat batuk semakin parah. Jika anda sangat menyukai makanan dan minuman berikut ini, namun disaat batuk usahakan untuk menghindarinya agar batuk yang anda derita tidak semakin parah dan cepat sembuh.

Simak Juga : Bahaya Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan Botol Plastik

Dan Inilah Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Batuk Melanda :

Dari Segi Makanan

  • Makanan Olahan – apabila anda sedang batuk maka, hindari makanan seperti pasta, roti putih, keripik dan makanan ringan yang dikemas, karena makanan olahan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menekan beberapa fungsi pelindung dalam tubuh kita.
  • Makanan Yang Serba Dingin – makanan yang serba dingin dapat menyebabkan pengeringan dari lapisan pernapasan, sehingga rentan terhadap infeksi, serta memicu batuk karena sebab iritasi, usahakan untuk menghindari makanan dingin seperti, es krim dan minuman dingin selama batuk melanda anda.
  • Makanan Yang Digoreng – ketika dalam keadaan batuk makanan yang digoreng dapat memicu batuk semakin parah, hal ini karena makanan yang digoreng dengan minyak akan menghasilkan senyawa disebut akrolein, dimana dapat menyebabkan tenggorokan gatal.
  • Tidak Merokok – merokok adalah perbuatan yang sia-sia secara waktu dan biaya, karena secara teknis kegiatan merokok dengan memasukan dan mengeluarkan asap yang tidak jelas akan mengganggu banyak maalah kesehatan dalam tubuh kita yang salah satunya adalah batuk.

Dari Segi Minuman

  • Minuman Yang Berkafein – kafein dapat mengeringkan tenggorokan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan makanan, maka dari itu sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi selama batuk melanda.
  • Minuman Susu – susu dikenal dapat merangsang produksi lendir di saluran pernapasan, termasuk tenggorokan dan paru-paru, maka dari itu untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan, sebaiknya anda hindari asupan yang menghasilkan lendir seperti susu.
  • Alkohol dan Sejenisnya – dalam kondisi sehat maupun tidak sehat khususnya batuk, lkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anda, bahkan menyebabkan dehidrasi dan tentunya akan semakin memperparah kondisi sakit anda dan dapat mengarah ke masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

Simak Juga : Bahaya CT Scan Pada Anak Akan Picu Kanker

Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dalam dewasa ini. Apalagi kondisi yang sekarang sednag hujan setiap hari yang tentunya secara cuaca dapat menyebabkan sakit unutk tubuh kita yang tidak kebal. [YuQe-WartaSolo.com]