Tiga Macam Teknik Operasi Katarak




Tiga Macam Teknik Operasi Katarak. Sebelum jauh membahas teknik operasi katarak, kita pahami dulu tentang perlu tidaknya dioperasi yang mana akan ditentukan oleh dokter spesialis mata. Konsultasikan dengan ahlinya, mungkin itu hal yang sangat pas sebelum kita melangkah lebih jauh. Perlu diketahui bahwa, sebelum menjalani operasi beberapa tes rutin akan dilakukan untuk mengetahui kesehatan yang akan di operasi.

Untuk operasi sendiri agar merasa santai, lalu mata akan ditetesi obat mata. Dan juga dalam operasi katarak sendiri tidak perlu adanya pembiusan total melainkan hanya pembiusan lokal saja. Dengan teknologi yang canggih saat ini, maka ayo kita intip tentang 3 macam teknik operasi katarak itu sendiri sebagai berikut :

  1. Fakoemulsifikasi – adalah teknik yang paling maju saat ini, diperlukan irisan yang sangat kecil yaitu 2,2 mm disisi kornea , lensa yang mengalami katarak akan dihancurkan dengan menggunakan getaran ultrasonic dan setelah katarak bersih maka diimplantasikan lensa intra okular yang dapat dilipat melalui irisan tersebut , irisan kecil tersebut dapat pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan jahitan, sehingga memungkinkan anda dapat cepat kembali mengerjakan aktivitas normal, untuk pelaksanaan operasi ini hanya diperlukan sekitar 30 menit saja.
  2. Ekstrasi Katarak Ekstra Kapsuler – adalah teknik lama dengan irisan yang lebih besar sekitar 1 cm untuk mengganti lensa mata diperlukan lensa intra ocular yang tidak dapat dilipat, irisan kemudian dijahit, teknik ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk pulih kembali, dimana teknik ini hanya digunakan untuk kasus-kasus yang tidak bisa dilakukan operasi dengan teknik fakoemulsifikasi.
  3. Small Incision Cataract Surgery (SICS) – metode syatan kecil dengan sedikit jahitan yang hanya memerlukan dua sayatan kecil, lalu melepas lensa katarak dan menggantinya dengan lensa tanam (IOL), hasil operasinya hampir sama dengan metode fakoemulsifikasi, hanya saja IOL yang dipasang berbeda jenis dan kwalitasnya saja.

Simak Juga : Gejala, Penyebab Katarak dan Cara Mengatasinya

Kabar gembira dari operasi modern ini adalah apabila yang melakukan operasi tersebut tidak perlu menginap di Rumah Sakit dan apabila yang bersangkutan setelah kelar langsung dapat segera mengerjakan aktivitas rutin seperti biasanya. Selamat berakhir pekan dan sehat selalu. Baca Juga : Ciri-ciri dan Gejala Radang Usus Buntu. [YuQe-WartaSolo.com]