Manfaat Tanaman Semak Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Semak Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Semak Kumis Kucing Untuk Kesehatan. Tanaman kumis kucing dengan berbentuk semak, batangnya basah yang memiliki daun berbentuk telur taji, tepi daunnya bergerigi kasar. Dengan bunga yang mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih atau ungu. Dimana tanaman Kumis Kucing ini memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit diantaranya yaitu :

  1. Infeksi Saluran Kencing – dengan cara ambil daun kumis kucing, meniran, akar alang-alang masing-masing 30 gr, dicuci sampai bersih, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air, biarkan sampai mendidih hingga hanya tersisa setengah dari volume awal, minum air ramuan tersebut sebanyak setengah gelas dengan frekuensi tiga kali sehari.
  2. Rematik – dengan sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumat, satu sdm daun meniran yang sudah dulumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal ¾ lalu saring dan minum.
  3. Infeksi Ginjal dan Hipertensi – Cuci 30 gr daun kumis kucing, daun sendok dan rumput lidah liar, rebus di dalam tiga gelas air sampai hanya tersisa satu gelas, setelah dingin saring airnya lalu minum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.
  4. Kencing Batu – cuci 90 gr kumis kucing lalu rebus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc, setelah dingin diminum sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian, minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.
  5. Stabilkan Gula Darah – dimana dengan 11 daun kumis kucing segar, 11 lembar daun sambiloto segar, 3 jari tangan kulit pohon pule, 17 lembar daun pegagan lalu cuci semua bahan tersebut lalu rebus dalam 5 gelas air hingga tersisa 4 gelas, angkat dan saring, minumlah tiga kali sehari 2/3 gelas sesudah makan, lakukan selama 3 minggu dan cek kadar gula darah,jika sudah stabil maka dosis dapat diturunkan dengan sehari dua kali saja.
  6. Nyeri Buang Air Seni – seduhlah daun kumis kucing yang sudah dikeringkan seperti teh dan boleh juga diberi gula aren.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Hias Sirih Merah Yang Menakjubkan 

Demikianlah sedikit dari manfaat daun kumis kucing yang memberikan manfaat begitu luar biasa terhadap kesehatan kita. Akan lebih baik kalu kita semuanya tidak mengalami penyakit yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu hidup sehat adalah cita-cita semua orang tanpa terkecuali. Baca Juga : Rahasia Tanduk Rusa Dapat Turunkan Demam. [YuQe-WartaSolo.com]

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.