Tidur Nyenyak Dengan KI SAAT (Valeriana Officinalis)

Tidur Nyenyak Dengan KI SAAT (Valeriana Officinalis)

Tidur Nyenyak Dengan KI SAAT (Valeriana Officinalis). Kegiatan tidur merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Apabila terjadi kesulitan istirahat dan tidur maka akan mengganggu kesehatan jiwa dan raga. Salah satu dampak buruk dari kekurangan istirahat maupun tidur yang berkualitas antara lain ; daya tahan tubuh menurun, kurang konsentrasi, emosi tidak stabil, mudah lupa, mudah stress, menjadi lebih sensitive danĀ  munculnya berbagai macam penyakit degeneratif yang mengancam.

Dimana perlu kita ketahui bahwa penyakit degeneratif adalah suatu gejala kekacauan system metabolisme tubuh yang bersifat merusak atau dapat menyebabkan serangan radikal bebas penyebab penyakit.

Baca Juga : Tips Agar Bayi Bisa Tidur Pulas Semalaman

Indonesia kaya akan tanaman obat yang memiliki aktivitas untuk penenang alami. Salah satunya yaitu Ki Saat (Valeriana Officinalis) atau biasa disebut juga dengan valerian. Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada tanaman herbal ini antara lain ; metabolit sekunder yang berfungsi sebagai obat yaitu minyak terbang (atsiri) yang memiliki komposisi ester borneol (campuran asam valerianat, butirat, formiat serta asetat), bonil alcohol, terpineol serta terpena dan dipterpena juga katinina , valerianina yang merupakan alkaloid dari metabolit Ki Saat.

Dimana yang digunakan untuk pengobatan herbal adalah bagian akar dan daun Ki Saat yang memiliki efek sebagai penenang. Ki Saat memberikan efek relaksasi dan sangat baik digunakan pada orang yang sulit tidur atau ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.Daun Ki Saat juga digunakan untuk mengobati keputihan pada wanita.

Simak Juga : Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Dimana anda dapat mengolah Ki Saat secara sederhana di rumah dengan praktis yaitu ;

  1. 3 gr akar Ki Saat yang sudah kering ditumbuk kasar dan dijadikan seperti the.
  2. Penumbukan bertujuan agar simplisia herbal memiliki luas penampang yang lebih besar sehingga bahan aktif akan mudah larut terekstrasi dalam air.
  3. Masukkan Ki Saat dalam gelas lalu tuang 250 ml air panas.
  4. Diamkan kurang lebih 30 menit.

Dengan membuat secara praktis diatas dapat ditambahkan bahan pemanis gula bagi yang tidak memiliki penyakit kencing manis atau dapat diganti dengan menambahkan pemanis non kalori. Semoga dalam membuat ramuan herbal ini dapat berhasil dengan sepurna. [YuQe-WartaSolo.com]

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.