Makna ASI dan Kesehatan Ibu Yang Menyusui



makna ASI dan kesehatan

Makna ASI dan Kesehatan Ibu Yang Menyusui. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, karena mengandung zat antibody yang terjamin kebersihannya dan mengandung semua zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi itu sendiri. ASI memberikan kekebalan terhadap beberapa penyakit dan tidak menimbulkan reaksi yang berbentuk alergi. Bahkan ASI memberikan komposisi zat yang tepat yang dibutuhkan oleh si bayi.

Maka dari itu berikanlah bayi anda ASI hingga pada usia dua tahun. Oleh karena itu selama menyusui, konsumsi makanan ibu harus mmenuhi diantaranya padat kalori, protein, mineral serta vitamin. Seorang ibu yang menyusui dalam kondisi sehat, maka bayi yang sehat juga akan terjadi sebaliknya.

Baca Juga : Manfaat  Jus Semangka Bagi Kesehatan, Kecantikan Dan Ibu Hamil

Komunikasi yang terjadi antara ibu dan si bayi melalui ASI

Pada masa bayi, lingkungan mikro yang paling berperan adalah kontak kulit antara ibi dengan bayi pada saat menyusui. Kontak inilah yang disebut sebuah interaksi pertama dan paling penting pad abayi dan lingkungannya, sekaligus sebagai modal awal bagi interaksi-interaksi berikutnya.Pemberian ASI tersebut merupakan juga interaksi awal yang cukup rumit, alamiah dan berperan dalam perkembangan serta pertumbuhan bayi.

Karena dalam proses menyusui, ibu memberikan sentuhan yang luarbiasa, ada kontak pandangan mata, suara, kehangatan, interaksi perilaku, pemberian nutrisi dan berbagai aspek kekebalan tubuh bayi. Hal tersebut merupakan komunikasi yang pertama kali antara seorang bayi dan ibunya. Maka dari itu agar komunikasi berjalan dengan lancar and aharus dapat menangkap keinginan bayi, misalnya kapan bayi harus menyusui dan berapa lama sekali menyususi.

Simak Juga : Macam Kesulitan Waktu Melahirkan

Maka dari itu, tidak ada alas an apaun bagi seorang ibu untuk memberikan ASI kepada anak terscintanya. Dengan pemberian ASI ternyata mempunyai makna yang sangat banyak antara ibu dan bayi. So bunda-bunda calon ibu yang akan melahirkan, jangan lupa ya berikan ASI kepada bayi anda dengan waktu selama dua tahun. [YuQe-WartaSolo.com]