Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan Mampu Membunuh Bakteri Di Dalam Usus. Carica pubescens atau buah carica merupakan sebutan pepaya gunung yang berasal dari Dieng, Jawa Tengah. Meskipun terlihat sama seperti buah pepaya, buah carica memiliki perbedaan yang cukup signifikan yaitu buah carica memiliki ukuran yang lebih kecil daripada buah pepaya pada umumnya. Buah asli dari Dieng, Wonosobo ini sering diolah menjadi manisan agar lebih nikmat jika dikonsumsi. Selain enak, buah carica juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena carica kaya akan vitamin seperti A, B, C dan juga E. tapi hati-hati dengan getah dari buah carica apabila ingin mengupas buah carica gunakan pelindung tanga. Meskipun begitu buah yang sangat enak bila dijadikan manisan ini memiliki manfaat yang luar biasa diantaranya:

Membunuh Bakteri di Dalam Usus


Salah satu manfaat bakteri adalah mampu membunuh bakteri di dalam usus. Selain itu, carica juga mampu menetralkan tingkat keasaman lambung. Ini karena carica mengandung enzim papain yang cukup tinggi. Enzim ini mampu diserap oleh tubuh dengan mudah sehingga dapat bekerja dengan efektif pada tubuh. Bagi yang sering mengalami gangguan pencernaan juga dapat mengonsumsi carica.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah carica yang lainnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Sama seperti manfaat buah pepaya bagi tubuh, buah carica juga kaya akan serat yang tinggi. Sehingga ini akan dapat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang sehat juga dapat membuat perut menjadi rata dan tidak buncit. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung dalam buah carica dapat mengikis lemak yang menumpuk pada perut.

Menyehatkan Kulit

Selain itu, buah carica juga bermanfaat uutuk menyehatkan kulit. Kandungn vitamin C pada buah carica dapat membantu pembentukan kolagen. Sehingga dapat mengurangi kerutan pada wajah yang bekerja dari dalam. Tak hanya itu, kandungan vitamin E nya juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Selain wortel buah yang kaya akan Vitamin A , buah carica juga kaya akan vitamin A. Maka jangan heran jika buah carica baik untuk menjaga kesehatan mata. Karena menurut penelitian buah carica lebih kaya akan vitamin A daripada wortel. Mulailah untuk mengonsumsi buah yang satu ini untuk menjaga kesehatan mata serta tubuh Anda.

Sumber Energi

Manfaat buah carica yang lainnya adalah untuk sumber energi. Energi digunakan oleh setiap orang untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Karena dengan adanya energi tubuh akan lebih bersemangat dalam menjalankan segala sesuatu. Selain nasi, salah satu makanan yang merupakan sumber energy adalah carica. Kandungan vitamin B komplek pada carica memiliki peranan penting saat metabolisme tubuh. Sehingga hal ini dapat menghasilkan energi yang lebih.

Meskipun buah carica hanya tumbuh da dataran tinggi, namun manfaat banyak manfaat dari buah carica. Dan buah carica mempunyai penggemar yang banyak karena rasanya yang sangat lezat sekali. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]