Cantik Dan Sehat Dengan Daun Selada

cantik dan sehat dengan daun selada

Cantik Dan Sehat Dengan Daun Selada. Mengkonsumsi sayuran merupakan sebuah proses yang baik untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh serta menambah nutrisi dalam tubuh. Namun, sebenarnya bukan hanya bagi kesehatan saja tetapi bisa pula untuk kecantikan yang ingin diperoleh secara alami. Begitu juga dengan daun Selada yang mempunyai ragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Daun selada yang biasa digunakan sebagai garnis atau lalapan ternyata memiliki banyak manfaat. Khasiat yang dimiliki oleh daun Selada ini berperan penting sebagai pelindung, pencegah hingga ramuan alami untuk beberapa resiko.

Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat dari daun Selada, Anda bisa mengonsumsinya sebagai sayur mentah atau sebagai lalapan yang segar. Sayur hijau yang segar ini memiliki rasa yang fresh sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk pauk kapan saja, entah itu sebagai menu pagi, siang hingga malam. Mengkonsumsi sayur ini bukan hanya menjadikan menu makan lebih segar dan nikmat saja, tetapi juga dapat mengambil manfaat dalam daun selada. Berikut beberapa manfaat dari daun selada:

Menghambat proses penuaan yang terjadi pada wajah

Seringkali masalah kecantikan itu selalu diutamakan, begitu pula dengan menghambat penuaan dini atau proses penuaan pada wajah. Hal ini sangat penting bagi wanita untuk tetap bisa tampil cantik berseri dan terlihat muda meski usianya telah lebih. Masalah ini bisa Anda selesaikan dengan mengkonsumsi daun Selada. Dimana pada sayur ini memiliki kandungan yang disebut sebagai senyawa Zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang nantinya akan mencegah adanya penuaan pada wajah agar bergerak lebih lambat.

Kandungan vitamin A bagi Mata

Vitamin A merupakan salah satu komponen yang baik untuk menjaga kesehatan pada mata. Pada daun Selada ini terdapat vitamin tersebut yang mengandung beta karoten. Kandungan inilah yang berperan sebagai penjaga mata dari beberapa resiko seperti mata katarak, iritasi dll. seperti yang diketahui bahwa menjaga mata itu sangat penting terlebih bagi Anda yang sering mempunyai aktifitas di depan layar kaca ataupun terkena debu. Mengkonsumsi daun ini dapat memberikan penjagaan dari dalam agar mata senantiasa fit.

Sumber mineral di dalam tubuh

Mineral yang ada pada daun Selada ini ada lebih, seperti mineral kalium dapat bekerja sebagai penguat gigi dan tulang. Terdapat pula mineral zat besi yang bertugas memperlancar proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Serta mineral kalium dengan fungsi sebagai komponen yang menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal.

Memperkuat tulang

Adanya kandungan vitamin K pada daun ini menjadikannya berperan penting dalam pembentukan suatu hormon yang dikenal sebagai osteotropic. Tugas dari hormon ini adalah sebagai pencegah adanya keropos pada tulang serta memperkuat kondisi suatu tulang.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu komponen yang diperoleh dari asupan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi pada setiap hari, entah itu kolesterol baik ataupun jahat. Mengkonsumsi sayur daun Selada ini mampu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan lemak rendah serta antioksidan inilah yang menjadikan manfaat tersebut.

Pencegah kanker

Daun Selada mempunyai senyawa yang dinamakan sebagai kandungan gluconasturtin. Dimana pada senyawa ini yang nantinya akan melawan kanker di dalam tubuh. Sehingga dapat dijadikan sebagai tameng dari suatu penyakit yang berbahaya.

Menjaga tingkat kesuburan

Kandungan vitamin C dan folat yang ada di dalamnya ini mampu memberikan kesuburan bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bukan hanya itu saja, tetapi bisa pula menjaga kesuburan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa senantiasa menjaga sistem reproduksi ini hanya dengan mengkonsumsi daun Selada.

Ternyata daun yang sangat segar bila dikonsumsi mentah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan bagi kecantikan. Sebaiknya cuci bersih daun selada sebelum mengkonsumsinya. Kita bisa menjadikan lalapan atau menambahkan kedalam menu harian kita. semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]