Inilah 3 Cara Screenshot HP Samsung dengan Mudah dan Efektif

Inilah Cara Screenshot HP Samsung dengan Mudah dan Efektif

Saat ini, Samsung masih merupakan salah satu merk primadona untuk pasar smartphone. Meski demkian, masih banyak juga pengguna yang merasa fitur dalam HP samsung cukup membingungkan. Bahkan banyak di antara pengguna yang tidak mengetahui cara screenshot hp samsung. Padahal, saat ini screenshot merupakan salah satu fitur penting dan banyak digunakan.

Fitur screenshot ini jelas merupakan terobosan tersendiri untuk kemudahan pengguna. Anda tidak pelu repot menulis ulang chat sebagai bukti, Anda juga bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengambil gambar bukti transfer. Biasanya setiap merk handphone memiliki cara yang berbeda untuk mengambil gamba screenshot, bahkan untuk hp merk yang sama dengan fitur yang berbeda juga memiliki cara yang berbeda pula.

Beberapa Cara Screenchot HP Samsung

Ada beberapa cara screenshot hp samsung yang bisa Anda terapkan. Namun memang tidak semua cara dapat diterapkan pada setiap seri. Berikut adalah cara dan langkah-langkah untuk screenshot HP samsung.

1. Menggunakan Tombol Kombinasi

Cara screenshot paling umum dan dappat dilakukan pada semua HP adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Cara untuk melakukannya adalah Nada harus memastikan layar HP dalam keadaan tidak terkunci. Kemudian buka bagian layar yang ingin Anda Screenshot. Selanjutnya tekan tombol kombinasinya, yaitu tombol power dan tombol home secara bersamaan, pada saat kedua tombol tersebut ditekan, biasanya akan terdengar suara seperti jepretan kamera. Hal tersebut menandakan screenshot yang Anda lakukan sudah berhasil. Hasil Screen shot akan tersimpan pada folder screenshot di galeri ponsel Anda.

Pengecualian untuk HP samsung tipe S8 dan S9, tombol kombinasi yang digunakan untuk melakukan screenshot bukanlah tombol power dan home. Melainkan menggunakan tombol volume (-) dan power. Kombinasi ini banyak digunakan untuk Hp yang tidak memiliki tombol Power.

2. Menggunakan Fitur Motion Control

Cara Screen shot yang kedua adalah dengan menggunakan fitur motion control. Fitur ini terdapat pada Hp samsung yang diproduksi diatas tahun 2013. Beberapa jenis Hp samsung yang memiliki fitur ini adalah Samsung S9 dan S9+, Samsung Galaxy S8 dan S8+, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy 5, Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S3. Juga pada Samsung Galaxy Note 2, Note 3 dan Note 4.

Cara melakukan screenshoot dengan fitur motion control dimulai dengan membuka menu pengaturan pada HP Anda. Kemudian carilah menu tab Motion and Gesture. Setelahnya Anda cukup mengaktifkan menu “Palm Swipe To Capture” yag terdapat dalam menu tersebut. Setelah fitur aktif Anda tinggal membuka layar yang ingin Anda screenshot kemudian menggeserkan telapak tangan Anda dari kanan kekiri sampai mendengar suara jepretan kamera.

3. Menggunakan Bixby

Bixby merupakan asisten virtual yang hanya terdapat pada samsung galaxy S8 dan S9. Screenshot menggunakan bixby merupakan cara screenshot paling simpel dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengaktifkan bixby dari HP Anda. Kemudian untuk mengambil screenshoot Anda cukup mengucapkan ‘Hai, Bixby’, atau bisa juga dengan menekan tombol Bixby dan mengatakan ‘Take a screenshot’.

Jika Anda mengambil screenshot dengan bixby Anda bisa langsung mengeditnya. Karena setelah bixby mengambil gambar maka langsung muncul pilihan Draw, Crop and Share untuk memudahkan Anda melakukan langkah selanjutnya.

Selain Screenshot ada pula fitur yang disebut dengan Scroll Capture. Scroll capture adalah sejenis screenshot yang dapat menangkap layar cukup panjang.  Fitur ini dapat digunakan jika Anda ingin menangkap halaman yang cukup panjang, misal halaman website.

Tidak semua hp samsung dibekali dengan fitur ini. Kebanyakan dimiliki oleh hp Samsung dengan spesifikasi cukp tinggi seperti Samsung Galaxy S7, S7 Edge, S8 dan S9. Cara melakukan scroll captur adalah dengan masuk ke menu setting, pilih menu advanced features, kemudian aktifkan fitur smart capture.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743