Inilah 5 Dokumen dalam Laporan AMDAL yang Perlu Diketahui

Dokumen dalam Laporan AMDAL yang Perlu Diketahui

AMDAL merupakan sebuaah kajian menyeluruh mengenai dampak yang dihasilkan oleh suatu usaha manufaktur terhadap lingkungan hidup. Laporan Amdal ini wajib dimiliki oleh semua perusahaan ataupun proyek yang menghasilkan limbah dan memberi dampak pada lingkungan hidup.

Dan Amdal ini berkaitan dengan izin usaha tersebut. Ketika limbah yang dihasilkan terbukti memberi dampak yang buruk bagi lingkungan. Maka izin usaha tersebut dapat dicabut dan perusahaan tidak dapat beroperasi lagi. Jadi Amdal ini dapat dikatakan sebagai upaya pemerintah untuk melakukan konservasi terhadap lingkungan di tengah berkembangnya perindustrian.

Perlu diketahui, Amdal sendiri merupakan analisis yang sangat kompleks. Yaitu meliputi analisis dari faktor fisik, kimia, sosial ekonomi, biologi dan sosial budaya yang dilakukan secara menyeluruh.

Hal ini dikarenakan laporan Amdal digunakan sebagai studi kelayakan dari operasi proyek kegiatan industri atau kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan.

Dokumen Laporan AMDAL

Dari banyaknya analisis dan kajian yang dilakukan, laporan Amdal terdiri dari 5 dokumen sebagai berikut:

1. Dokumen Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup

Dokumen yang pertama adalah KAANDAL. Adapun KAANDAL ini adalah dokumen yang berisi tentang ruang lingkup serta kedalaman kajian ANDAL. Ruang lingkup yang dimaksud adalah kajian ANDAL yang meliputi penentuan dampak-dampak penting. Kajian ini akan dianalisis lebih dalam lagi dalam ANDAL dan batas-batas studi ANDAL. Termasuk mempelajari dan juga menentukan metodologi yang akan digunakan untuk mengkaji dampak.

Penentuan ruang lingkup dan juga metodologi ini dilakukan oleh Pemrakarsa Kegiatan dan Komisi Penilai AMDAL melalui proses yang disebut dengan proses pelingkupan.

2. Dokumen Analisis Dampak Lingkungan Hidup

Dokumen yang kedua adalah ANDAL, yang merupakan lanjutan dari dokumen KAANDAL. Dokumen ini berisi analisa secara cermat terhadap dampak penting dari suatu rencana kegiatan. Dampak-dampak penting yang telah diidentifikasi di dalam dokumen KAANDAL kemudian dianalisa lebih dalam menggunakan metodologi yang telah disepakati sebelumnya.

Analisa ini dilakukan agar dapat mengetahui besaran dampak. Setelahnya  akan dilakukan penentuan sifat penting dampak. yaitu dengan cara membandingkan besaran dampak terhadap kriteria dampak penting yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Setelah kedua tahap sebelumnya dilalui, tahap kajian selanjutnya adalah evaluasi terhadap keterkaitan antara dampak yang satu dengan yang lainnya. Hasil evaluasi ini akan digunakan untuk menentukan dasar-dasar pengelolaan dampak yang akan dilakukan.

3. Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup

Dokumen AMDAL yang ketiga adalah Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dokumen ini berisikan rencana-rencana perusahaan untuk mengendalikan dan menanggulangi dampak penting lingkungan hidup yang bersifat negatif serta memaksimalkan dampak positif yang terjadi. Rencana-rencana ini dibuat dan dirumuskan berdasarkan hasil arahan dari pengelolaan dampak yang telah dipelajari dan dianalisa pada kajian ANDAL.

4. Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup

Selain RKL, terdapat pula dokumen RPL, yaitu dokumen yang berisikan program-program pemantauan yang akan dilakukan. Program ini dilakukan untuk memantau perubahan lingkungan yang disebabkan oleh dampak-dampak yang berasal dari limbah atau efek proses produksi.

Hasil pemantauan ini akan digunakan untuk mengevaluasi efektifitas upaya-upaya pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan. Selain itu ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan hidup juga dapat digunakan untuk mengevaluasi akurasi prediksi dampak yang digunakan dalam kajian ANDAL.

5. Dokumen Ringkasan Eksekutif

Dokumen yang terakhir adalah ringkasan eksekutif. Dokumen ini adalah ringkasan secara singkat dan jelas hasil kajian ANDAL. Ringkasan ini meliputi besaran dampak, sifat penting dampak, upaya pengelolaan serta upaya pemantauan yang akan dilakukan oleh perusahaan terhadap dampak yang ditimbulkan.

Mengingat banyaknya dokumen dan laporan yang harus dibuat. Dan juga panjangnya proses yang harus dilalui. Akan lebih hemat dan efisien jika Anda sebagai pengusaha menggunakan jasa konsultan amdal.

Jasa konsultan Amdal saat ini sudah banyak ditemukan dan juga sangat mudah untuk menilai kredibilitas serta profesionalismenya. Salah satunya yang terpercaya adalah izinlingkungan.com.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743