Bahaya Makan Terlalu Banyak Bagi Tubuh Kita



Bahaya Terlalu Banyak Makan Bagi Tubuh

Bahaya Makan Terlalu Banyak Bagi Tubuh Kita. Makan merupakan bagian dari kebutukan pokok setiap insan. Bahaya makan terjadi kalau terlalau banyak makan makanan yang over atau terlalu banyak. Bahkan kalau tubuh kita terlalu banyak makan atau minum salah satunya akan mengalami peningkatan kadar gula dalam tubuh yang berlebihan dan dapat mengakibatkan penyakit diabetes.

Makanan memang di butuhkan bagi tubuh kita. Akan tetapi, semua yang dibutuhkan oleh tubuh kita semuanya ada aturannya. Tidak boleh berlebihan atau over yang dampaknya dapat menimbulkan masalah baru yaitu timbul penyakit yang membahayakan bagi tubuh.

Yang paling membahayakan banyak makan adalah kita lupa akan batasan-batasan tersebut dan mengakibatkan semua organ yang ada dalam tubuh menolak dengan tegas alias sakit akhirnya. Apalagi di tambah dengan minum yang berlebihan. Ilmuwan meyakini bahwa memberi makanan terlalu kenyang pada bayi bisa menyebabkan berkembangnya sel-sel lemak dan efeknya berpotensi menimbulkan obesitas atau kegemukan.

Bahaya Makan Terlalu Banyak Bagi Tubuh

Bahaya makan terlalu banyak di antaranya yang kami referensikan dari samishare yaitu:

  1. Saat kita makan terlalu banyak, terjadi pengurangan aliran darah ke otak karena darah terkonsentrasi di dalam usus – efeknya akan menyebabkan mengantuk.
  2. Terjadi peregangan pada lambung saat kita makan terlalu banyak yang dapat memicu muntah dan mual.
  3. Makan terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang sangat membahayakan bagi penderita diabetes.
  4. Makan terlalu banyak meningkatkan aliran darah balik dari usus ke jantung – hal ini sangat berbahaya bagi penderita gagal jantung sehingga akan memperparah derajat kesakitannya.
  5. Para ilmuwan meyakini bahwa memberi makanan terlalu kenyang pada bayi bisa menyebabkan berkembangnya sel-sel lemak. Sel – sel ini nantinya yang akan membentuk lemak lebih cepat dari orang biasa – efeknya berpotensi menimbulkan obesitas.
  6. Menyebabkan pembuluh otak mengeras yang mengakibatkan kekuatan otak dalam berfikir menurun.
  7. Hasil penelitian pada peneliti di USA mengungkapkan bahwa makan terlalu banyak memicu kerusakan otak.
  8. Menyebabkan enzim pencernaan dalam perut keluar secara berlebihan.
  9. Menghambat proses pencernaan dikarenakan seluruh sistem pencernaan tertekan oleh makanan.
  10. Menyebabkan kejenuhan Siklus Kreb (siklus asam sitrat) pada tubuh.
  11. Menyebabkan badan terasa berat, lesu, dan malas.

Masih banyak dari aspek lain yang dapat menyebabkan hal yang buruk dalam mengkonsumsi makanan atau minuman telaliu banyak bagi tubuh kita. Maka dari itu makan-makanlah yang sesuai dengan aturan seperti buah apel, semangka, pisang, wortel dan lain-lain dengan tidak berlebihan. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]