Kata-kata Indah Hari Pramuka Terbaru 14 Agustus Tahun Ini. Jatuhnya hari pramuka 14 Agustus merupakan satu peringatan penting sebuah gerakan kepanduan. Gerakan yang memberikan arti kemandirian, perjuangan, dan perubahan menuju yang lebih baik. Sebagaimana kita memaklumi sebuah kondisi anak muda yang kaya akan potensi, kata-kata bijak hari pramuka seakan menambah mendalam makna pramuka. Kalimat yang selalu menjadi motor penggerak sebuah peradaban yang dimulai dari generasi muda yang kaya sebuah gagasan, ide, pemikiran, dan tujuan positip.

Mengutip dari laman wikipwdia, Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.


Bahasa lain arti kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Kata-kata Indah Hari Pramuka Terbaru 14 Agustus Tahun Ini

Kata-kata indah hari pramuka terbaru 14 Agustus bersama warta-solo akan menjadikan setiap kita selalu memaknai sebuah gerakan dengan aksi nyata. Makna lain kata-kata mutiara hari pramuka seiring setiap tahunnya diperingati sebuah peristiwa dan kegiatan bermakna dalam rangka menyiapkan generasi muda bangsa menuju cita-cita kemerdekaan.

DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) menggedok sebuah undang-undang sebagai payung kegiatan kepramukaan Indonesia pada tanggal 26 Oktober 2010. Undang-undang tersebut adalah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Mengcu pada UU ini, pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Berikut kata-kata indah hari pramuka terbaru 14 Agustus bersama tim ws yang memberikan inspirasi penuh makna:

Jiwa pramuka adalah jiwa yang siap berkorban untuk bangsa dan negara.

Bukan aksi yang akan menjadi sejarah dunia tetapi visi besar jiwa pramuka yang selalu hadir di setiap jiwa muda anak bangsa.

Masa muda penuh pilihan, masa tua tak akan mengulang mudanya, hanya jiwa-jiwa besar pramuka yang akan menjadi generasi penerus kemerdekaan.

Masa muda masa berapi-api, masa yang akan mengaktifkan sel-sel kemandiriaan menuju karya terbaik sepanjang usia.

Baik-buruknya sebuah masa akan ditentukan dengan sejauh mana semangat berkarya selalu hadir dalam setiap jeda waktu yang terlewati.

Melihat masa depan bangsa 10-20 tahun ke depan lihatlah anak-anak mudanya sekarang.

Pengorbanan seorang pahlawan tidak hadir begitu saja, mereka melakukan pekerjaan besar karena jiwanya besar.

Jiwa-jiwa Pancasila tak akan pernah hilang dari anak muda yang mengasah hidupnya dengan nilai-nilai luhur sejarah bangsa dan ruh perjuangan.

Jiwa merdeka adalah jiwa yang dipenuhi karya dan pengorbanan.

Baca Juga:

Memahami hari pramuka seakan tidak pernah habis hanya dengan memperingati setiap tahunnya. Nilai besar dan mengakar dari kepramukaan yang hadir di setiap generasi muda menjadi jaminan arah masa depan bangsa. Kata-kata indah hari pramuka terbaru 14 Agustus kali ini dari tim wartas0lo akan berarti bila dibarengi dengan aksinya. Semoga bermanfaat dan selama hari pramuka 14 Agustus 2017. [M. Anis – WartaSolo.com]