Buah Yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Buah Yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Buah Yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda. Buah memang menjadi satu unsur dari konsumsi harian yang dapat menunjang kesehatan dan pertumbuhan janin. Mendapatkan nutrisi dan vitamin dari buah-buahan merupakan sesuatu yang wajar dilakukan oleh ibu hamil. Namun bagi ibu hamil di antara banyak jenis dan pilihan buah-buahan yang tersedia, harus jeli untuk menghindari pantangan buah untuk ibu hamil yang akan berpengaruh terhadap ibu dan janin dalam kandungan.

Kandungan dalam setiap buahberbeda, bagi ibu hamil terutama hamil muda harus tahu kandungan dari buah yang akan dikonsumsi. Bisa jadi kandungan nutrisi dalam buah kurang baik bagi janin dan ibu hamil. Pasalnya ada beberapa buah yang harus dihindari saat hamil muda. Karena kurang bagus untuk janin maupun untuk ibu hamil.

Beberapa buah yang dapat menyebabkan masalah bagi kandungan, seperti buah yang masih muda, buah yang bersifat panas di perut, dan buah yang mengandung alcohol wajib dihindari oleh ibu hamil. Buah yang menjadi pantangan bagi ibu hamil tersebut diantaranya buah nanas muda, pepaya muda, durian, nangka, cempedak, petai, jengkol, dan anggur. Dari beberapa jenis buah ini dipantang karena dapat menimbulkan masalah serius bagi kondisi di dalam janin.

Buah Yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Berikut akan kami ulas buah-buahan yang harus dihindari ibu hamil dan efek yang ditimbulkan bila mengkonsumsi buah tersebut. Diantaranya:

Buah Durian

Pantangan buah untuk ibu hamil selanjutnya yaitu buah durian. Buah ini, selain sering membuat perut ibu hamil menjadi kembung, juga mengandung 2 jenis zat yang berbahaya yaitu alkohol dan asam arachidonat. Alkohol bisa menyebabkan bayi lahir prematur sedangkan asam archidonatnya dapat merangsang kontraksi rahim dan keguguran. Risiko bahaya konsumsi durian dapat meningkat terutama pada ibu hamil yang menderita darah tinggi, sehingga jauhilah buah ini meskipun Anda sedang benar-benar menginkannya, Utamakan keselamatan janin anda.

Buah Nanas Muda

Seperti dijelaskan pada posting bahaya nanas untuk ibu hamil, buah ini memang dapat memacu timbulnya keguguran terutama jika dikonsumsi oleh ibu hamil muda yang usia kehamilannya masih berada di trimester pertama. Pantangan buah ibu hamil yang satu ini dikatakan berbahaya karena ia memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat membuat leher rahim menjadi lunak sehingga memacu persalinan dini atau keguguran. Kendati penelitian terkait bahaya nanas terhadap keguguran masih belum banyak dilakukan, namun beberapa kasus yang terjadi memang menunjukan kebenaran teori ini. oleh karena itu, hindarilah buah nanas sekarang juga, seberapapun Anda menginginkannya.

Buah Nangka dan Cempedak

Buah nangka dan cempedak untuk ibu hamil Buah cempedak masih berkeluarga dengan buah nangka. Keduanya sama-sama menimbulkan efek negatif bila dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang banyak. Efek yang ditimbulkan selain berupa perut kembung dan bergas ialah meningkatnya suhu janin dan kontraksi dini yang dapat meningkatkan risiko bayi prematur dan keguguran.

Buah Pepaya Muda

Pepaya sejatinya merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil, namun hal itu hanya berlaku jika ia dikonsumsi ketika sudah dalam keadaan matang. Sedangkan bila dikonsumsi saat masih mentah, buah pepaya justru akan menimbulkan efek negatif. Hal ini karena buah pepaya muda mengandung lateks dalam jumlah yang cukup banyak. Lateks sendiri dapat memicu terjadinya kontraksi rahim dan lahirnya bayi prematur. Oleh karena itu, berusahalah untuk menghindari konsumsi buah pepaya muda saat ingin rujak. Pilihlah buah yang tidak ada dalam daftar ini di rujak Anda agar keselamatan janin Anda tidak terganggu.

Buah Anggur

Buah anggur merupakan buah yang dilarang untuk ibu hamil Bila dikonsumsi terlalu banyak, gula yang terdapat dalam buah anggur akan sangat mudah terfermentasi di dalam lambung sehingga ia berubah menjadi alkohol. Seperti diketahui bahwa efek negatif alkohol bagi ibu hamil sangat banyak. Alkohol dapat menyebabkan suhu rahim meningkat dan menghambat pertumbuhan janin karena panasnya. Oleh karenanya, meski buah anggur memiliki begitu banyak vitamin, untuk saat ini sebaiknya Anda menghindarinya. Terlebih bila usia kehamilan anda masih di trimester pertama.

Jengkol dan Petai

Kedua buah ini -baik jengkol dan petai- biasanya dikonsumsi sebagai lalapan ketika makan. Buah-buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan asupan nutrisi dari ibu hamil ke janinnya melalui plasenta menjadi terhambat. Selain itu, jengkol dan petai dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih giat sehingga membuat ibu hamil menjadi cepat lelah. Asupan nutrisi sangat diperlukan oleh janin asupan nutrisi yang baik akan mendukung dengan baik proses tumbuh kembang janin.

Baca Juga:

Dari ulasan diatas diharap para ibu hamil lebih waspada dalam mengkonsumsi makanan untuk menunjang nutrisi bagi janin.Kenali berbagai makanan yang boleh dikonsumsi ibu hamil maupun makanan pantangan bagi ibu hamil. Semoga ulasan mengenai buah yang harus dihindari saat hamil muda diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]