Tips Mencegah Mata Bengkak Setelah Menangis. Kadang perasaan yang kurang enak membuat kita menangis. Entah itu permasalahan dalam pekerjaan, keluarga atau lingkungan. Menangis merupakan hal yang wajar karena bentuk luapan emosi selain itu juga membersihkan mata dari kotoran yang ada dalam mata.

Namun ada juga orang yang menahan diri untuk tidak menangis. Alasannya cukup simpel yaitu takut kalau matanya menjadi bengkak setelah menangis. Hal tersebut kadang membuat seseorang merasa malu bila orang lain mengetahui kalau dirinya baru selesai menangis.


Lantas bagaimana tips mencegah mata bengkak setelah menangis? sebenarnya cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis cukuplah mudah. Banyak cara yang bisa anda gunakan dan anda aplikasikan bila anda selesai menangis agar raut muka anda masih tetap fresh.

Tips Mencegah Mata Bengkak Setelah Menangis

Jadi ketika mata kita terlihat sembab dan bengkak karena habis menangis semalam ataupun karena kelelahan habis begadang. Kejadian berikutnya pasti akan muncul lingkaran hitam di bawah mata kita. namun anda tidak perlu merasa cemas dan khawatir karena ada tips dan trik agar mata sembab dan bengkak hilang hanya dengan beberapa menit saja.

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Berikut tips mencegah mata sembab/ bengkak setelah menangis:

  • Timun bukan saja baik untuk kesehatan, tapi juga untuk mata sembab, karena kandungan astringent di dalamnya membantu menyegarkan mata yang bengkak. Dinginkan dua irisan timun di dalam kulkas, taruh irisan timun di kelopak mata selama sekitar 10 menit.
  • Es batu. Cara ini merupakan cara klasik yang sudah sering digunakan banyak wanita yaitu mengompres mata dengan es batu. Namun untuk mempercepat prosesnya, dahulukan dengan membilas wajah dengan air dingin saat mandi.
  • Teh celup. Ambil dua kantung teh celup, celupkan pada air panas, lalu angkat. Setelah menghangat, gunakan kantong the untuk mengompres mata, tutupi dengan kain selama 5-10 menit. Gunakan teh hijau atau teh hitam, karena kandungan kafein di dalamnya membantu mengurangi pembengkakan.
  • Kentang. Selama ratusan tahun, orang Eropa mempercayai kentang sebagai penghilang sakit kepala, pegal-pegal, dan berbagai iritasi. Untuk mata sembab, kupas kentang segar, cuci, keringkan, dan parut halus. Bungkus parutan kentang dengan selembar kain, lalu kompreskan pada mata.
  • Jangan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam . Saat mata Anda sembab, mengkonsumsi makanan yang mengandung garam hanya akan membuatnya tambah parah. Untuk menyembuhkan mata sembab, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam seperempat liter air putih. Celupkan kapas ke dalam campuran ini, lalu kompreskan ke mata.
  • Sendok Dingin. Bila tidak ada es batu masukkan saja sendok ke dalam kulkas. Setelah dingin, kompreskan sendok ke bagian sekitar mata yang membengkak.
  • Air putih Praktis Untuk Mata Sembab. Banyak minum memang tak akan dengan instan mengempiskan mata yang bengkak, tapi ini akan mempercepat prosesnya. Sepanjang hari banyak-banyaklah minum air putih, dan untuk sementara hindari kopi, soda, dan minuman manis.

Ulasan diatas merupakan tips mencegah mata bengkak setelah menagis. Bagi anda yang ingin mengaplikasikan setelah anda begadang anda bisa coba salah satu cara diatas. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]