Kata-kata Bijak Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017: Mutiara Penuh Makna yang Memotivasi Jiwa. Koleksi kalimat mutiara penuh makna sebagai ungkapan motivasi dan peringatan sejarah lahirnya Pancasila bangsa Indonesia. Kalimat bijak yang menyontak jiwa kerdil menjadi perkasa dengan memaknai hari lahir Pancasila sebagai konsensus bersama dasar negara Indonesia. Kata-kata indah hari lahir pancasila memberikan makna yang kuat dan menjadi pijakan serta cara berfikir bebangsaan. Semboyan besar dan kokoh BHINNEKA TUNGGAL IKA di lambang pita kaki burung garuda adalah bukan omong kosong tetapi kerja nyata bersama pendahulu bangsa hingga diwariskan ke kita. Satu nusa satu bangsa satu bahasa kita. Itulah arti kata-kata bijak hari lahir pancasila 1 Juni 2017 sebagai pengingat yang berguna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kata-kata Bijak Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 menjadi jamuan penguat rasa nasionalisme kepada bangsa besar Indonesia. Kalimat bijak hari lahir pancasila terus senantiasa hadir sebagai pelengkap nuansa peringatan menyambut hari lahir pancasila setiap 1 Juni. Kumpulan ucapan mutiara bijak hari lahir pancasila memberikan bukti nyata bahwa apa yang telah hadir di kehidupan kita mengarah, sesuai, dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang bermakna.


PANCASILA adalah 5 sila yang dirumuskan pendiri bangsa sebagai falsafah berbangsa dan bernegara. kata-kata bijak yang memperingati hari lahir pancasila memberikan dorongan nasionalisme sebagai orang yang menghargai para pendiri bangsa yang telah berjuang, berkorban, dan rela mati demi kemerdekaan bangsa ini. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945. Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Kata-kata Bijak Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 sebagai Mutiara Hikmah Penuh Makna

Berikut kumpulan kata-kata bijak hari lahir Pancasila 1 Juni 2017 sebagai mutiara penuh makna yang memotivasi jiwa:

Selamat hari lahir PANCASILA bangsa Indonesia 1 Juni 2017.

Dengan hari lahir Pancasila 1 Juni kita peringati sebagai hari bersejarah bangsa Indonesia menuju kejayaan Republik Indonesia.

Sila 1, inspirasi nilai ketuhanan yang maha esa yang dengannya kehidupan kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme dan nilai-nilai yang jauh dari ketuhanan. wartasolo mengucapkan selamat hari lahir pancasila.

Sila 2, kemanusiaan yang adil dan beradab, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme dan destruktif dalam merusak dan menumpahkan darah sesama anak bangsa.

Sila 3, persatuan Indonesia, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun termasuk mengatasnamakan agama, suku, ras, dan antargolongan. Dengan menjiwai semangat persatuan Indonesia BHINNEKA TUNGGAL IKA justru suku, agama, ras, dan berbagai antargolongan kita bersatu untuk kemajuan bangsa.

Sila 4, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan. Dan dengannya nuansa musyawarah mufakat menjadi cerminan pedoman, penghayatan, dan pengamalan nilai pancasila. wartasolo mengucapkan selamat hari lahir pancasila.

Sila 5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.

Sejenak merenung dan terilhami dengan nilai pancasila dengan ketuhanan yang maha esa kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan, dan dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.

Baca Juga: 

Pancasila adalah nilai. Ia adalah idiologi bangsa sebagai kesepakatan awal bangsa berdiri untuk kemajuan ke depan. Dengannya kita akan menjadi manusia Indonesia yang berkepribadian unggul dan bermartabat. Demikian kata-kata bijak hari lahir pancasila 1 Juni 2017 dengannya untuk mengingatkan kita sebagai warna negara dalam berbangsa dan bernegara. Semoga bermanfaat. Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017. [M. Anis – WartaSolo.com]