Khutbah Singkat Ramadhan Kultum Gambar Ucapan Maaf

Khutbah Singkat Ramadhan Terbaru: Fitnah Kubur dan Pertanyaan Malaikat

Khutbah Singkat Ramadhan Terbaru: Fitnah Kubur dan Pertanyaan Malaikat. Kumpulan kultum singkat romadhon ms word dan ZIP dengan judul Fitnah Kubur dan Pertanyaan Malaikat. Ceramah atau kultum dibulan romadhon terbaru, khutbah singkat ramadhan untuk dai cilik sangat direkomendasikan karena bulan ramadhan adalah bulan rahmat dan saling nasehat-menasehati. Anjuran untuk kultum sering dicari para kawula muda yang sedang mencari dan dijadwal tiap harinya. Koleksi terkini pidato pendek kumpulan ceramah singkat bulan puasa romadon untuk kultum tarawih dan kuliah subuh. Jika khutbah singkat ramadhan Anda rasa bermanfaat, mohon kiranya untuk me-LIKE dan SHARE ke FB, twitter, Google+ dan lainnya agar teman-teman, sahabat dan saudara Anda dapat merasakan juga manfaatnya dengan membaca ceramah singkat tentang Fitnah Kubur dan Pertanyaan Malaikat.

Kali ini tim wartasolo.com akan memberikan khutbah singkat ramadhan lainnya yang membahas mengenai Penyebab Tidak Diterimanya Amal, dimana kultum ceramah tersebut juga bisa diunduh melalui tautan yang telah kami sediakan dalam bentuk ms word dan ZIP. Sehingga jika di smartphone anda sudah terinstal aplikasi ms.word sangat praktis kultum menggunakan smartphone anda. BACA JUGA: Kumpulan Ceramah Pendek Romadhon

Berikut ini adalah materi Khutbah Singkat Ramadhan Terbaru judul Fitnah Kubur dan Pertanyaan Malaikat dari WartaSolo.com untuk Anda semuanya.

Ceramah Singkat Romadhon Judul Fitnah Kubur dan Pertanyaan Malaikat
Sunan al-Tirmidzi, hadis no. 991 (Hadis berkualitas hasan)[1]

حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ يَحْيَى بْنُ خَلَفٍ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لِأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالْآخَرُ النَّكِيرُ فَيَقُولَانِ مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ هُوَ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ فَيَقُولَانِ قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ هَذَا ثُمَّ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ سَبْعُونَ ذِرَاعًا فِي سَبْعِينَ ثُمَّ يُنَوَّرُ لَهُ فِيهِ ثُمَّ يُقَالُ لَهُ نَمْ فَيَقُولُ أَرْجِعُ إِلَى أَهْلِي فَأُخْبِرُهُمْ فَيَقُولَانِ نَمْ كَنَوْمَةِ الْعَرُوسِ الَّذِي لَا يُوقِظُهُ إِلَّا أَحَبُّ أَهْلِهِ إِلَيْهِ حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ وَإِنْ كَانَ مُنَافِقًا قَالَ سَمِعْتُ النَّاسَ يَقُولُونَ فَقُلْتُ مِثْلَهُ لَا أَدْرِي فَيَقُولَانِ قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ ذَلِكَ فَيُقَالُ لِلْأَرْضِ الْتَئِمِي عَلَيْهِ فَتَلْتَئِمُ عَلَيْهِ فَتَخْتَلِفُ فِيهَا أَضْلَاعُهُ فَلَا يَزَالُ فِيهَا مُعَذَّبًا حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَالْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ وَأَبِي أَيُّوبَ وَأَنَسٍ وَجَابِرٍ وَعَائِشَةَ وَأَبِي سَعِيدٍ كُلُّهُمْ رَوَوْا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي عَذَابِ الْقَبْرِ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: “Bersabda Nabi SAW: Apabila meninggal seorang hamba maka datanglah dua orang malaikat, salah satunya bernama Munkar, dan yang lainnya bernama Nakir. Kedua malaikat itu bertanya: Apa yang dapat engkau katakan mengenai Muhammad SAW? Apabila yang ditanya adalah orang mu’min, ia akan menjawab: Beliau adalah hamba dan rasul Allah. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, dan Muhammad adalah rasul-Nya. Malaikat tersebut berkata: Sekarang kami telah mengerti akan apa yang engkau katakan. Setelah itu, dilapangkanlah kuburnya seluas tujuh puluh hasta dan diterangi dengan nur. Dikatakan kepadanya: Sekarang tidurlah engkau. Mayat tersebut memohon: Doakanlah agar aku dapat kembali pada keluargaku untuk mengabarkan kesenangan ini. Sang malaikat menjawab: Tidurlah! Maka tidurlah ia laksana tidurnya para pengantin, tak pernah bangun kecuali jika ia ingin menemui keluarganya. Demikian yang berlangsung hingga hari kebangkitan. Adapun orang munafik, jika ia ditanya demikian ia menjawab: Aku tak tahu. Aku hanya mendengar orang lain mengatakan sesuatu tentang dia (Muhammad), lantas aku katakan pula apa yang orang katakan tentangnya itu. Malaikat berkata: Sekarang kami telah mengerti akan apa yang kamu katakan. Setelah itu sang malaikat berujar pada bumi: Jepitlah manusia ini olehmu! Lantas dijepitnya hingga berserakan tulang rusuknya. Dan ia senantiasa diazab, disiksa sampai ia dibangkitkan dari kuburnya nanti di hari akhir.”

khutbah singkat ramadhan terbaru

Dalam riwayat lain dari Abu Qatadah, diceriterakan bahwa: sesungguhnya jika seorang mu’min meninggal, dia akan didudukkan di dalam kuburnya, lalu ditanyakan padanya: Siapa Tuhanmu?” “Allah”, jawabnya. Ditanyakan lagi,” Siapa Nabimu?” “Muhammad ibn ‘Abdillah”, sahutnya. Hal itu ditanyakan padanya sebanyak tiga kali. Kemudian dibukakan baginya pintu menuju neraka dan dikatakan padanya,” Lihatlah ke tempat tinggalmu jikalau saja engkau menyimpang dari kehendak-Nya.” Setelah itu, dibukakan pintu surga dan dikatakan kepadanya,” Lihatlah tempat tinggalmu di surga, karena engkau teguh meyakini-Nya.”

Jika seorang kafir meninggal, dia akan didudukkan di dalam kuburnya, kemudian ditanyakan kepadanya,” Siapakah Tuhanmu? Siapakah Nabimu?” “Aku tidak tahu… Aku memang pernah mendengar orang-orang mengatakan sesuatu,” jawabnya. Lalu dikatakan padanya,” Kamu memang benar-benar tidak tahu!” Setelah itu, dibukakan pintu surga dan dikatakan, ”Lihat ke tempat tinggalmu itu seandainya kamu benar-benar teguh beriman.” Lalu dibukakan baginya pintu neraka dan dikatakan, ”Lihat ke tempatmu karena kamu menyimpang”.[2] (Diriwayatkan oleh Ibn Abi Hatim, Al-Thabrani dan Ibn Mundah)

Dalam riwayat lain khutbah singkat ramadhan ini yang sedikit berbeda, yakni yang diungkapkan oleh Al-‘Ajiri dalam Al-Syari’ah, diriwayatkan dari Ibn Mas’ud: Jika seorang hamba telah meninggal dan diletakkan dalam kubur, Allah mengutus kepadanya dua malaikat untuk menghardik dan bertanya, “Siapa Tuhanmu?” “Allah Tuhanku”, jawabnya. “Apa agamamu?” tanyanya lagi. Jawabnya, “Islam agamaku”. “Lalu, siapa Nabimu?”. Dia menjawab,” Muhammad Nabiku”. Kemudian keduanya mengatakan, “Engkau benar. Berikanlah kepadanya tempat tidur dari surga, pakaian dari surga, dan perlihatkan tempatnya di surga.”

Adapun jika orang kafir yang meninggal, ia akan dipukul dengan pukulan yang bisa membuat kuburannya menyala. Malaikat juga menyempitkan kuburnya hingga tulang rusuknya tercerai-berai dan berserakan, dan dibangkitkan untuknya ular-ular kuburan.[3]

BACA JUGA:

Demikian khutbah singkat ramadhan terbaru dengan fitnah kubur dan pertanyaan malaikat, ulasan mengenai khutbah singkat ramadhan dengan judul materi fitnah kubur dan pertanyaan malaikat. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk kita semua, jangan lupa untuk download kumpulan khutbah singkat lainya di wartasolo.com dengan serach di google “download kumpulan khutbah/kultum singkat romadhon”. Kemudian share ilmu tersebut dengan mengisi di mkimbar-mimbar masjid. Jika anda tidak berani mengisi di mimbar cukup dengan share link kumpulan ceramah singkat ini ke teman melalui BBM, WA, FB atau medsos lainya terima kasih. BACA JUGA:Khutbah Pendek Ramadan: Doa-doa Dalam Sholat Tarawih[Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]