Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih Dan Sehat



cara membersihkan telinga dengan benar

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih Dan Sehat. Telinga merupakan salah satu indera yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan. Karena dengan telinga kita bisa mendengarkan berbagai suara baik suara manusia maupun dari alam. Apabila telinga mengalami masalah maka suara yang akan kita tangkap terdengar samar-samar bahkan tidak bisa menangkap suara.

Telinga memiliki susunan yang sangat komplek, tiap susunan memiliki fungsi sendiri-sendiri. Misalkan daun telinga, daun telinga berfungsi mengarahkan suara menuju otak. otak akan mengkoordinasikan kepada indra yang lain. Begitu penting manfaat dari telinga. Tidak hanya telinga namun organ lain juga membutuhkan penanganan yang hati-hati seperti membersihkan hidung, mata, mulut.

Untuk menjaga agar telinga tetap sehat dan bersih dibutuhkan penanganan yang hati-hati. Cara membersihkan telinga juga harus diti-hati, karena dalam organ dalam terdapat gendang telinga apabila gendang telinga tergores makan suara yang akan ditangkap samar-samar. Berikut cara membersihkan telinga agar tetap bersih dan sehat.

  1. Jangan Mengorek Kotoran Telinga Dengan Cuttonbud. Dengan menggunakan cuttonbud maka kotoran yang ada didalam justru akan terdorong lebih dalam, Anda bisa menggunakan cuttonbud apabila kotoran berada didaun telinga.
  2. Jangan Menggaruk Telinga Jika Terasa Gatal. Mennggaruk telinga ketika telinga terasa gatal akan menyebabkan infeksi karena gatal tersebut bisa ditimbulkan karena eksim atau psoriasis (Baca Juga: Penyakit Psoriasis, Penyakit Tahunan Yang Bisa Disembuhkan)
  3. Gunakan Earcandle. Membersihkan telinga dengan menggunakan earcandle sangat efektif membersihkan kotoran dalam telinga, memang cara ini menggunakan api namun sangat aman untuk telinga.
  4. Buatlah jadwal untuk membersihkan telinga.
  5. Apabila kotoran dalam dan keras gunakan tes telinga terlebih dahulu. (Baca Juga: Tips Menggunakan Obat Tetes Telinga Dengan Benar)
  6. Apabila kotoran memang tidak bisa dikeluarkan bawa ke dokter THT untuk membersihkan lebih lanjut.

Demikian tadi ulasan mengenai perawatan telinga dengan bersih dan sehat. Untuk cara membersihkan telinga pada bayi anda bisa mengikuti petunjuk berikut Cara Membersihkan Telinga Bayi mengingat organ bayi yang masih sangat luna. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Penyebab Telinga Gatal Dan Cara Mengatasinya [YuQe-WartaSolo.com]