Perkembangan Anak Usia 12-18 Bulan, Orang Tua Harus Selalu Mendampinginya



Perkembangan Anak Usia 12-18 Bulan, Orang Tua Harus Selalu Mendampinginya

Perkembangan Anak Usia 12-18 Bulan, Orang Tua Harus Selalu Mendampinginya. Perkembangan anak tiap bulan tentunya tidak luput dari pantauan orang tua. Dari bulan ke bulan pasti ada pertumbuhan dan perkembangan yang berubah pada diri anak, apakah yang berkembang di motoriknya, kognitifnya atau di verbalnya. Orang tua juga mesti pandai merangsang kecerdasan dalam diri anaknya.

Sebelumnya Tim WartaSolo.com telah membagikan tentang tahap tumbuh kembang bayi usia 0-12 bulan. Kali kita akan mengulas kelanjutannya tentang tahap perkembangan anak usia 12 hingga 16 bulan atau perkembangan anak umur 1 sampai 1,5 tahun. Yang dimana pada usia ini anak akan banyak sekali progress dalam dirinya. Selalu fasilitasi dan motifasi anak untuk terus berkembang.

Tahap perkembangan anak yang dimaksud merupakan kemampuan seseorang mencapai sesuatu dalam batasan usia. Karena setiap tahap pertumbuhan anak kemampuan anak akan selalu bertambah. Orang tua harus jeli dalam melihat kemampuan anaknya. Bila anak dalam tahap perkembangan yang sudah dilalui namun belum bisa berkembang sebaiknya orang tua waspada atau segera mengkonsultasikan kepada tumbuh kembang anak.

Berikut rincian tumbuh kembang anak pada bayi usia 12-18 bulan, yang merupakan masa-masa dimana seorang anak sudah muai belajar berjalan bahkan sudah mampu berjalan sendiri.

  1. Anak bisa berdiri sendiri tanpa berpegangan
  2. Anak bisa membungkuk, memungut mainan, lalu berdiri kembali
  3. Anak sudah bisa mundur 5 langkah
  4. Anak bisa menyebut kata “papa” saat melihat papanya atau “mama” saat melihat mamanya.
  5. Anak mampu menumpuk 2 kubus
  6. Memasukan kubus dalam kotak
  7. Anak sudah bisa menunjuk apa yang diinginkan tanpa perlu menangis atau merengek.
  8. Anak telah mampu mengeluarkan suara atau menarik tangan ibu untuk meminta sesuatu.
  9. Anak memperlihatkan rasa cemburu/ bersaing.

Baca Juga: Tips Mengajari Anak Belajar Berjalan Dengan Cepat

Demikian tadi tahap perkembangan anak usia 12-18 bulan. Segera konsultasikan dengan dokter tumbuh kembang apabila anak anda pada usia ini masih berada jauh pada tahap perkembangan. Apabila penanganan sesegera mungkin itu akan lebih mudah. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Cara Memilih Mainan Untuk Anak Usia 6-12 Bulan[YuQe-WartaSolo.com]