Kumpulan Kata-Kata Untuk Hari Kartini: Kalimat Ucapan Mutiara Bijak Memperingati 21 April 2017 Terbaru. Update koleksi kata hari kartini 2017, ucapan untuk hari kartini, kata ucapan selamat hari kartini 2017 untuk menyemarakkan emansipasi perempuan atau kesetaraan gender namun tetap mengingat kodrat sebagai wanita. Kata-kata hari kartini dapat digunakan untuk memperingati hari kartini yang ke 138 tahun 2017 untuk memberi ucapan selamat hari kartini untuk teman, sahabat dan keluarga dimana pun berada. Yang tak kalah mengispirasi adalah puisi hari kartini yang banyak makna untuk kehidupan.

Sebentar lagi kita anak bangsa Indonesia akan segera memperingati hari bersejarah untuk bangsa Indonesia yakni hari Kartini yang kita peringati setiap tanggal 21 April. Dimana pada tahun ini peringatan hari kartini akan jatuh pada hari Jum’at (21/04/2017). Peringatan hari Kartini ini merupakan salah satu wujud apresiasi bangsa Indonesia atas perjuangan RA Kartini untuk emansipasi wanita.


Sebelum kita menuju ke kata-kata untuk hari Kartini, tidak ada salahnya jika kita tengok sebentar sejarah singkat atau biografi Raden Adjeng Kartini agar kita lebih tahu dan mengenal pahlawan wanita bangsa Indonesia yang sangat menginspirasi kaum wanita ini.

Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun, atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini yang merupakan seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

BACA JUGA: GAMBAR DP BBM KATA BIJAK HARI KARTINI TERBARU PENUH DENGAN MAKNA KEHIDUPAN

Kartini merupakan keturunan dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan bupati Jepara saat itu dan ibunya bernama M.A. Ngasirah yang juga merupakan keturunan dari Kyai Haji Madirono salah satu tokoh agama di Jepara saat itu.

RA Kartini pernah bersekolah di ELS (Europese Lagere School) namun harus terhenti karena adanya tradisi saat itu, dimana perempuan harus dipingit dan tidak boleh keluar rumah. Meski begitu semangat belajar dan menuntut ilmu Kartini tak pudar meski hanya lewat goresan surat surat yang di kirim kepada teman temannya yang saat itu kebanyakan dari Belanda. Hingga akhirnya, RA Kartini dipersunting oleh KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan Bupati Rembang. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903.

Merasa ingin memperjuangkan nasib para perempuan, maka RA Kartini berniat mendirikan sekolah untuk kaum perempuan. Ternyata hal tersebut direstui oleh Suaminya. Namun sayang perjuangannya harus terhenti karena kemudian meninggal dunia di usia 25 tahun bertepatan dengan tanggal 17 September 1904 setelah beberapa hari melahirkan anak pertama dan terakhirnya yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904. Untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangannya, maka setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini.

Nah itulah sejarah singkat atau biografi RA Kartini, sebenarnya masih banyak lagi sejarah-sejarah perjuangan RA Kartini ini, namun kami hanya dapat menyampaikannya secara singkat. Kemudian untuk memperingati hari Kartini, biasanya sekolah-sekolah menyuruh murid-murid untuk berdandan adat Jawa, bagi yang perempuan atau wanita berdandan layaknya Raden Ayu Kartini, begitupun bagi yang laki-laki juga memakai pakaian adat Jawa. LIHAT JUGA: DP BBM HARI KARTINI 21 APRIL 2017.

Namun bagi pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan sosial media yang sedang ngetren saat ini. Biasanya anak mudah penikmat sosmed memperingati hari Kartini dengan mengirim gambar maupun ucapan hari Kartini, kata bijak RA Kartini atau kata mutiara motivasi Kartini atau juga gambar kata-kata hari kartini terbaik menurut anda kepada teman, sahabat, keluarga dan saudara terdekat melalui SMS, BBM, WA, FB, LINE dan sosmed lainnya.

KATA-KATA UNTUK HARI KARTINI 2017 TERBARU

Berikut adalah kumpulan koleksi kata-kata untuk hari kartini dan ucapan selamat hari kartini spesial tanggal 21 April 2017 yang sanagt cocok untuk dikirim kepada teman, sahabat, keluarga dan saudara perempuan anda.


Menjadi wanita cantik saja tidak cukup, jadilah wanita yang berbudi pekerti dan taat pada Allah subhanallahu wata’ala. Selamat hari Kartini, semoga dikau adalah Kartini di masa kini.

Selamat kartini hari ibu, adik ,dan pacar saya tercinta. Semoga jiwa kartini selalu dalam hatimu.

Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, gapai cita citamu seperti langit yang tingg karena semangat kartini muda akan selalu lebih baik daripada sebelumnya dan itu akan selalu berada didalam hati Wanita Indonesia.

Selamat Hari Kartini untuk Anda dan semoga anda Selalu menjadi wanita yang lebih baik untuk Indonesia. Membuat manis tanah air kita. Jangan menjadi orang yang lemah dan masih merasa nyaman dengan diskriminasi.

Selamat Hari Kartini untuk semua siswa di Indonesia. Capailah impianmu dan selalu bertindak positif. Selalu memiliki semangat untuk mengejar ambisimu.

Terimakasih telah menolong kami sampai sekarang. Karena jika tidak tidak ada wanita seperti kamu, Aku pikir aku tidak akan menjadi seseorang seperti sekarang. Selamat Hari Kartini.

Jangan mengeluh tentang hal buruk yang datang ke hidupmu. Tuhan tidak pernah memberikannya kepadamu. Kamulah orang yang telah membiarkannya datang. (R.A Kartini).

Buatlah hidupmu menjadi berwarna dan buatlah ceritamu seperti R.A Kartini. Selamat Hari Kartini.

Mimpi takkan pernah menjadi kenyataan jika kamu hanya diam dan tetap nyaman dengan diskriminasi. Selamat Hari Kartini.

Terimakasih telah membuat aku menjadi seseorang yang mencintai kamu. Semoga kamu menjadi Kartini lebih dari yang lalu, dan selalu menjadi Kartini di hatiku.

Tidak akan pernah menjadi hidup indah tanpa adanya kamu dihidupku. Terimakasih telah menjadi Kartini di hidupku. Selamat Hari Kartini.

Demikianlah kumpulan kata-kata untuk hari kartini 21 april 2017. Semoga dengan kata-kata bijak mutiara & motivasi kehidupan di hari Kartini ini kita dapat menginspirasi semua perjuangan RA Kartini untuk bangsa ini, sehingga kita dapat menjadi insan yang lebih cinta lagi terhadap tanah air. Semoga bermanfaat dan kami tim Wartasolo mengucapkan selamat hari Kartini. SIMAK JUGA: KUMPULAN KATA BIJAK RA KARTINI YANG PENUH NASEHAT UNTUK HIDUP LEBIH BAIK. [Wisnu Ramadhon – WartaSolo.com]