Kue Kering Idul Fitri 1438H: Koin Cranberry Enak, Lezat, Renyah. Berbagai jenis buah berry yang menggiurkan sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, mulai dari blueberry, strawberry, cherry, hingga cranberry. Buah-buahan tersebut mempunyai manfat yang luar biasa untuk tubuh.

Penggunaan buah-buahan dalam makanan memberikan nilai plus tersendiri. Koin cranberry merupakan olahan kue kering yang menggunakan buah cranberry. Kebayangkan rasanya gimana yang pastinya enak banget. Cranberry mengandung vitamin C, sodium, zat besi dalam kadar yang tinggi dan bermanfaat bagi metabolisme tubuh.


Kue kering ringan namun tetap bergizi dan sangat bagus untuk tubuh baik bila dikonsumsi sehari-hari. Anda bisa membuat koin cranberry sendiri dengan bahan yang berkualitas dan tingkat higienitasnya lebih terjamin. Berikut cara membuat koin cranberry yang enak, lezat dan renyah.

Bahan-bahan Koin Cranberry

  • 230 gr mentega tawar, kocok sebentar hingga lembut
  • 75 gr gula halus, ayak
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 200 gr tepung terigu, ayak
  • ½ sdt garam
  • 50 gr buah cranberry kering, cincang kasar

Cara membuat Koin Cranberry

  1. Campur mentega, gula halus dan vanilla, aduk dengan sendok kayu hingga lembut. Tambahkan tepung dan garam, aduk rata. Masukkan buah cranberry kering. Bagi adonan menjadi empat.
  2. Gunakan kertas perkamen, bentuk tiap bagian adonan menjadi serupa batang, berdiameter 3,5 cm dan panjanganya 10 cm. bungkus adonan batang dengan plastik. Masukkan ke dalam lemari es, 30 menit atau hingga satu hari.
  3. Adonan dapat dikemas rapat dengan plastik dan dibekukan selama 1 bulan jika perlu.
  4. Panaskan oven hingga 150 derajat celcius. Iris adonan hingga setebal 0,5 cm. agar adonan tidak kehilangan bentuk, putar adonan setiap kali mengiris. Letakkan potongan ke atas kertas perkamen di atas loyang, beri jarak.
  5. Panggang hingga pinggiran berwarna keemasan, selama 20-22 menit. Dinginkan kukis sebelum disimpan.
  6. Kukis dapat disimpan dalam suhu ruangan hingga 2 minggu.

Karena bentuknya yang seperti koin dan ukurannya yang mungil, Anda tidak akan cepat bosan dengan Koin Cranberry. Kukis ini cukup tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara. Kukis cantik ini juga bisa dikreasikan menjadi paket kue kering untuk kerabat Anda, hiasi dengan pita cantik sesuai selera. Anda juga bisa juga mencoba resep lain dengan menggunakan buah cranberry misalnya cranberry cake.  Semoga resep koin cranberry diatas bermanfaat, selamat moncoba. Baca Juga: Crispy Chocolate Marshmallow Bars, Istimewa, Enak dan Nikmat [YuQe-WartaSolo.com]