Resep dan Cara Membuat Kulit Martabak Telur: Mudah, Cepat, dan Lezat


Resep dan Cara Membuat Kulit Martabak Telur: Mudah, Cepat, dan Lezat. Martabak adalah makanan yang khas kita temui dipinggir jalan. Rasa kriuk untuk kulit luarnya begitu menggoda, gurih telurnya sangat terasa dan lezatnya bisa mengusai lidah. Saat martabak diproses oleh abang-abang penjualnya kita sudah tak sabaran untuk mencicipinya. Atau biasanya Anda harus antri karena martabak di kota Anda terkenal enaknya.

Tak kalah enak dengan resep martabak telur seperti dipinggir jalan. Dengan resep ini Anda bisa berhemat lebih karena kulit martabak telurnya bisa Anda buat sendiri. Makanan yang dibuat sendiri memiliki nilai ekonimis dan kesehatan bila dibandingkan dengan masakan di luaran.

Pengalaman saat jajan martabak telur di pinggir jalan ada pilihan selera seperti martabak telur biasa hingga martabak telur yang super spesial. Yang membedakan martabak telor yang biasa dan martabak telor super spesial hanya pada isinya saja, martabak spesial biasanya isinya menggunakan telor jenis bebek dan di beri tambahan daging cincang, sedangkan yang biasa hanya menggunakan telor ayam.

Untuk isian martabak memang beraneka macam dan variatif resepnya. Mulai resep isi martabak telur hanya telur dan ayam, ada juga isian ayam dan sapi, ada juga isian hanya daging giling dan masih banyak macamnya.

BACA JUGA:

Apapun isian martabak telur yang menjadi rahasia resep lainnya sebenarnya terletak di kulit martabak telurnya. Dari awalan orang menggigit kulit martabak hingga tembus isinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan penggemar kuliner. Nah di sini ada cara mudah, cepat dan lezat membuat sendiri kulit martabak telur yang gurih.

Berikut resep dan cara membuat kulit martabak telur yang mudah, cepat, dan lezat untuk Anda:

Bahan-bahan:

  • 1 butir telor ayam/telor bebek (pilih yang super)
  • 200 gram tepung terigu
  • 30 gram minyak sayur sebagai campuran adonan
  • ½ sdt garam
  • 160 ml air
  • Minyak sayur secukupnya, untuk merendam adonan

Cara membuat kulit martabak telur:

  1. Langkah pertama, campurkan seluruh bahan-bahan dan aduk hingga rata dan kalis.
  2. Lanjut membentuk adonan menjadi bulat-bulat, olesi permukaan adonan dengan minyak sayur, diamkan sekitar 10 menit
  3. Untuk mendapatkan hasil martabak yang optimal dan ideal, timbang adonan seberat 40 gram dan bulatkan kembali.
  4. Harus diingat istirahatkan adonan kurang lebih 30/60 menit dan kemudian lumuri permukaan adonan dengan minyak sayur.

Resep dan Cara Membuat Kulit Martabak Telur wartasolo.com

Resep ini dijamin mempunya citarasa renyah dan gurih. Porsi kulit martabak yang baru saja Anda buat memiliki lingkaran besar dan bisa memuat isian jumbo. Mudah dan cepat kan? Terus ikuti aneka resep dan cara memasak di WartaSolo.com. Seperti persiapan lebaran Anda dengan aneka resep kue kering dan kue basah yang dicari banyak orang. Lengkapi kumpulan resep dapur Anda dengan kuliner sajian WartaSolo. BACA JUGA:  Resep Dan Cara Membuat Martabak Telur Yang Maknyus. [M. Anis – WartaSolo.com]