Inilah Resep Es Buah Buto Ijo Khas Kota Solo. Musim paling menyenangkan minum es adalah musim kering alias musim kemarau bila dibandingakan dengan musim penghujan. Selain segar dan menyegarkan minum es membuat fresh dan hilang gerah. Es buah Buto Ijo khas Solo sangat terkenal dan terbukti rasanya khas sekali. Penasaran dengan rasa, aroma, dan seperti apa?

Mungkin Anda tidak di daerah Solo, tapi dengan membaca ini Anda bisa praktek membuat es buto ijo solo yang terkenal itu. Dari bahan-bahan dan cara mengolahpun tidak sulit dan bisa dibilang mudah dikerjakan. Pengusir dahaga dengan es buto ijo sangat cocok untuk saat ini apalagi rasa panas, haus, dan kering menyelimuti kondisi cuaca sekarang.


Es buto ijo ini ini akan menjadi resep unik bila disajikan saat acara keluarga, kumpul-kumpul, temu kangen, paguyuban, kopi darat, atau arisan kelompok masyarakat yang pasti ada semacam kudapan penutup. Es buto ijo di banderol dengan harga murah yaitu tujuh ribu rupiah untuk satu porsi saat ini. Jalan propinsi Solo-Sragen tersedia outletnya bila Anda mau ke arah Jawa Timur berjejer kanan-kiri jalan warung es buto ijo yang terkenal itu. Anda bisa mampir di Sragen kota sebelum rumah Wakil Bupati (bila dari Solo) utara jalan.

Tidak perlu harus langsung ke daerah Solo bila ingin mencicipi es khas tersebut. Anda bisa coba resep kali ini dan menikmatinya bersama kelurga. Bila suatu hari ada waktu luang resep ini bisa dibandingkan ke daerah Solo raya (Sragen, Surakarta, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar) mampir di pinggi jalan raya besar dan jajan es tersebut. Benar-benar maknyus dan segar. Wartasolo akan menyajikan sajian khas kota solo ini lengkap menjadi daftar kudapan es Anda.

Inilah Resep Es Buah Buto Ijo Khas Kota Solo

Es Buto Ijo merupakan minuman khas kediri yang rasanya sangat segar dan enak. Berikut warta-solo berikan liputannya mengenai cara pembuatannya:

Bahan – bahan yang disediakan:

  • 100 gram kacang hijau, direbus matang
  • 150 gram kelapa muda, dikerok lebar
  • 25 gram sagu mutiara, direbus di dalam air yang dibubuhi pewarna merah
  • 150 gram kolang kaling, direbus di dalam air yang sudah dibubuhi pewarna merah, dipotong-potong
  • 100 gram nata de coco
  • 1 sendok makan selasih, direndam sampai mengapung, ditiriskan.
  • 150 ml sirup melon
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 1.000 gram es serut

Cara Membuat Es Buto Ijo:

  1. Campur kelapa muda, sagu mutiara, kacang hijau, kolang kaling, nata de coco, dan selasih. Dan di aduk secara merata.
  2. Kemudian Tambahkan es serut yang dicetak dengan mangkuk sehingga membentuk setengah lingkaran.
  3. Lalu Tambahkan sirup melon dan susu kental manis.

Baca Juga: Aneka Resep dan Cara Membuat Kolak Mudah dan Praktis

Nah, es Buto Ijo sudah siap untuk disajikan. bahan bisa anda variasi lagi dengan ditambahkan, agar – agar, rumput laut, dll. Rasa segar dan menyejukkan tenggorokan sangat cocok untuk berbuka puasa atau saa cuaca sedang panas. [Nai;ah Azka – WartaSolo].