Tanda dan Penularan HIV / AIDS



tanda dan penularan hiv aids

Tanda dan Penukaran HIV / AIDS. Perlu diketahui bahwa, HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Yang mana HIV adalah virus penyebab penyakit AIDS. Bahwa HIV terdapat di dalam cairan tubuh darah, air mani atau cairan pada kelamin wanita. Sebelum HIV berubah menjadi AIDS, penderitanya akan terlihat tampak sehgat dalam waktu 5-10 tahun. Meskipun tampak sehat, mereka dapat menularkan HIV pada orang lain melalui hubungan seks tidak aman, tranfusi atau pemakai jarum suntik secara bergantian.

Sedangkan untuk makna AIDS yaitu dari singkatan Aquired Immuno Defisiency Syndrome. Dengan makna sindroma menurunnya kekebalan tubuh yang disebabbkan oleh HIV. Orang yang mengidap AIDS amat mudah tertular oleh bernagai macam penyakit, karena sistem kekebalan di dalam tubuhnya telah menurun. Dan sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan AIDS. Akan tetapi, ada obat yang dapat memutus perkembangan virus HIV.

Baca Juga : Tanda-tanda dan Gejala Penyakit Tumor Otak  

Dan berikut ini tanda dan penularan HIV / AIDS :

Setelah kita mengetahui apa itu virus HIV, penyakit AIDS dan cara menularnya, maka kita harus tahu tentang tanda-tanda atau gejala AIDS yang biasanya tidak ada gejala pada orang-orang yang terinveksi oleh HIV dalam waktu 5-10 tahun. Setelah itu mulai berkembang dan menunjukkan tanda-tanda atau gejala umum seperti berikut ini :

  • Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan
  • Selera makan mulai hilang
  • Diare terus menerus dengan tanpa sebab lebih dari 1 bulan
  • Pembengkakan kelenjar pada leher dan atau pada ketiak
  • Berat badan menurun secara drastis lebih dari 10 %
  • Batuk kronis lebih dari 1 bulan

Bagaimana HIV dapat ditularkan, yaitu melalui 3 cara :

  1. Melalui hubungan seksual dengan seorang yang sudah terinfeksi HIV
  2. Melalui tranfusi, penggunaa narkoba suntikan secara bersama-sama dan kegiatan medis dengan alat tusuk dan iris yang tercemar HIV
  3. Dari ibu ke janin/bayinya selama kehamilan, persalinan atau menyusui.

Dan HIV tidak ditularkan melalui jabatan tangan, sentuhan, ciuman, pelukan, berenang bersama, menggunakan peralatan makan/minum yang sama, gigitan nyamuk, memakai jamban yang sama atau tinggal dalam satu rumah. Simak Juga : Manfaat Buah Srikaya Untuk Mencegah Penyakit Diabetes. [YuQe-WartaSolo.com]