Waspada Wasir (Hemoroid) Sedari Awal



wasir

Waspada Wasir (Hemoroid) Sedari Awal. Ambien atau wasir kalau dilihat dari sisi medis adalah dengan istilah hemorid yaitu terjadinya pelebaran pembuluh daerah vena di bagian anus. Perlu diketahui bahwa wasir ada dua macam, hemoroid interna dan hemoroid eksterna. Hemoroid interna ditandai dengan adanya benjolan di dalam anus sedangkan untuk hemoroid eksterna adalah adanya benjolan yang terdapat dibagian luar anus itu sendiri.

Maka dari itu gejala awal dari penyakit ini adalah ketika BAB keluar darah segar, setelah lama berlangsung akan muncul benjolan. Untuk tahap awal ini BABnya kadang hanya menetes, bisa juga langsung menetes.

Baca Juga : Mengatasi Susah BAB

Perlu diketahui bahwa, penyakit wasir memiliki 4 stadium. Untuk stadium awal biasanya penderita meraskan sakit, ia akan merasakan sakit ketika sudah muncul benjolan. Benjelon tersebut awalnya hanya kecil dan itu dapat keluar atau masuk anus dengan sendirinya.

Untuk kondisi yang masih kecil biasanya masih memungkinkan untuk diobati dengan salep. Ketika sudah muncul benjolan seperti ini penderita akan merasakan gatal dan nyeri di bagian anus sehingga sangat tidak nyaman ketika dalam kondisi duduk dan rasanya seperti ada yang mengganjal githu dah.

Misalnya kasusnya terjadi pada wanita yang berusia 22 tahun sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui seperti apa kondisinya. Jika nanti kondisinnya masih pada tahap awal, maka solusinya dengan pengobatan. Karena ketika dia nanti yang berhubungan dengan melahirkan otomatis akan keluar dengan sendirinya ketika mengeluarkan dengan tenaga lebih alias ngeden.

Simak Juga :Kenapa Ibu Hamil Susah BAB

Maka dari itu, kita harus tahu kenapa bisa terjadi wasir, salah satu penyebabnya adalah konstipasi atau simbelit. Saat BAB harus ngeden atau dengan tenaga lebih karena feses keras. Bisa juga terjadi karena obesitas atau kegemukan. Dan penyakit ambeyen ini tidak menurun. Atau penyebab wasir bisa juga karena pola makannya. Dengan banyak makan-makanan berserat, banyak minum air putih maka akan lancar dalam dalam mengeluarkan feses. Akan tetapi, kalau sebaliknya maka bisa dapat menyebabkan penyakit ini. [YuQe-WartaSolo.com]