Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau



tips melindungi mata selalu sehat saat musim kemarau

Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau. Musim kemarau datang ditandai dengan curah hujan yang menghilang dan suhu udara memans. Pana ini membuat debu selalu menghantui anda. Salah satu organ tubuh yang terpengaruh kesehatannya dari panasnya sinar matahari di musim kemarau adalah mata. Mata termasuk organ vital yang harus mendapatkan perlindungan ekstra.

Perlindungan yang dapat memastikan keamanan dan kesehatan mata. Tidak hanya dari debu, partikel kecil, dan benda tajam lainnya, suhu panas saat kemarau juga mempengaruhi kondisi mata. Mata perlu selalu dilindungi dari keburukan sinar ultraviolet. Unsur dari cahaya matahari ini bisa menimbulkan masalah degenerasi sel mata.

Selain itu, sinar UV merupakan pemicu dari katarak dan mata merah. Kesadaran akan bahaya sina UV memang belum sepenuhnya hadir di seluruh masyarakat kita. Sehingga tidak heran akibatnya banyak penyakit mata yang menghampiri penduduk Indonesia. Aneka tips melindungi mata berikut menjadi jalan alternatif dalam menjaga agar mata tetap sehat.

Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau

Dikutip dari Times of India, berikut beberapa cara melindungi mata di musim kemarau:

  • Kenakan kacamata hitam anti-UV jika keluar rumah. Fungsi kacamata ini mirip tabir surya pada kulit. Lensa kacamata akan menolak sinar UV sehingga tidak sampai menembus ke dalam mata, mata tidak langsung terpapar sinar matahari. Sebagai pelengkapnya, Anda bisa mengenakan topi.
  • Memakai kacamata khusus saat berenang. Air kolam renang sering ditambahkan klorin, kaporit atau bahan kimia lain untuk membunuh kuman dan membuat air tahan lama jernih. Cairan ini jika kena mata bisa mengiritasi dan membuat mata berair dan terasa pedih. Memakai kacatama renang membantu mencegah iritasi ini. Jika mata terlanjur kena air kolam renang dan terasa pedih, segera basuh mata menggunakan air bersih yang mengalir.
  • Pakai tetes mata. Kalau mata terasa kering di musim kemarau, teteskan saja obat tetes mata yang difungsikan untuk memberikan kelembaban pada mata anda. Pastikan memakai produk tetes mata yang aman.
  • Hindari terkena udara AC secara langsung. Pendingin udara ini jika anginnya kena mata dapat menimbulkan rasa kering dan sensitive. Cari lokasi duduk lain jika angin dari AC langsung menerpa wajah Anda.

Baca Juga:

Ulasan di atas merupakan tips melindungi mata agar selalu sehat di musim kemarau. Selain mata bahaya sinar UV bagi kulit juga kurang bagus. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi pembaca. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]