Dampak Kekurangan Zat Besi Dan Makanan Yang Mengandung  Zat Besi. Apakah anda sering merasa3L (lemah, Letih, Lesu) bisa jadi anda kekurangan zat besi. Manfaat zat besi untuk tubuh cukup besar, mulai dari mendukung pertumbuhan sampai dengan mencegah munculnya anemia (kekurangan darah).

Kebutuhan zat besi untuk ibu hamil cenderung lebih besar dari pada orang normal. Kondisi semacam ini wajar terjadi, karena pada dasarnya bayi memerlukan lebih banyak hemoglobin untuk mendukung proses pembentukan organ-organ tubuh. Oleh karenanya, konsultasikan selalu dosis asupan zat besi harian kepada dokter kandungan masing-masing.



Jenis dan Sumber Zat Besi untuk Tubuh

Zat besi termasuk jenis mineral yang tak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga kita harus mendatangkannya dari luar melalui konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Akan tetapi tubuh memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap penyerapan zat besi dengan jenis tertentu. Adapun jenis dan sumber zat besi antara lain:

– Zat besi heme (dari hewan): sumber zat besi jenis ini memiliki daya serap tinggi dalam tubuh. Bahkan kemampuan serapnya mencapai 3x lipat non-heme. Kebanyakan zat besi jenis ini bisa kamu dapatkan dari hewan.

– Zat besi non-heme (dari tumbuhan): meskipun penyerapan lebih rendah dan lambat, tetapi zat besi non-heme tergolong lebih alami dan mudah didapat. Agar penyerapannya lebih cepat kamu bisa mengonsumsi vitamin C setelahnya.

Kebutuhan zat besi memang bervariasi, semua itu tergantung dari aktivitas masing-masing. Secara umum kebutuhan zat besi wanita sekitar 14,9 mg per hari. Sedangkan kebutuhan untuk laki-laki mencapai 8,9 mg sehari.

Memang mendapatkan asupan zat besi dari suplemen tergolong lebih besar. Akan tetapi harganya yang cukup mahal terkadang membuat beberapa orang enggan membelinya. Berikut beberapa makanan yang mengandung sumber zat besi tinggi yang bisa kamu konsumsi lebih murah dan praktis.

Makanan Mengandung Sumber Zat Besi Tinggi dari Hewan (Heme)

  1. Gurita (7,3 mg/ 75 gram)
  2. Hati Sapi (4,2 mg/ 75 gram)
  3. Caviar (3,37 mg/ 100 gram)
  4. Tiram (3,3 mg/ 75 gram)
  5. Kepiting (2,3 mg/ 75 gram)
  6. Daging bebek (1,8 mg/ 75 gram)
  7. Sarden (1,7 mg/ 75 gram)
  8. Daging sapi (1,4 mg/ 75 gram)
  9. Ikan makarel (1,4 mg/ 75 gram)
  10. Daging kambing (1,3 mg/ 75 gram)
  11. Telur (1,2 mg/ 100 gram)

Makanan yang Mengandung Sumber Zat Besi Tinggi (non-heme)

Selain dari sumber hewani (heme), kamu juga bisa memperoleh asupan zat besi dari tumbuhan seperti sayur (non-heme). Adapun sayur yang mengandung zat besi tinggi antara lain:

  1. Asparagus (2,2 mg/ 6 batang)
  2. Bayam (2,01 mg/ 100 gram)
  3. Tomat (2 mg/ 100 gram) selengkapnya: manfaat tomat
  4. Edamame (1,9 mg/ 100 gram)
  5. Kentang (1,9 mg/ 50 gram)
  6. Buah Bit (1,6 mg/ 100 gram)
  7. Labu (1,4 mg/ 100 gram)

Sumber Zat Besi dari Kacang-Kacangan

Sedangkan bagi kamu yang ingin mendapatkan sumber zat besi dari kacang-kacangan, berikut daftarnya:

  1. Kedelai (6,5 mg/ 75 gram)
  2. Kacang merah (2,3 mg/ 75 gram)
  3. Kacang koro (2,2 mg/ 100 gram)
  4. Kacang hitam (1,8 mg/ 100 gram)
  5. Kacang kapri (1,7 mg/ 100 gram)

Buah Penambah Darah yang Mengandung Zat Besi

Tak hanya daging, sayur, dan kacang-kacangan saja yang menjadi sumber zat besi tetapi buah pun juga banyak mengandung senyawa mineral ini. Khususnya untuk buah seperti:

  1. Markisa (3,78 mg/ 100 gram)
  2. Alpukat (1,12 mg/ 100 gram) selengkapnya: manfaat alpukat
  3. Sukun (1,19 mg/ 100 gram)
  4. Kurma (1,6 mg/ 100 gram)
  5. Buah kering seperti kismis dan aprikot.

Akibat Kekurangan Asupan Zat Besi

Mudah lelah tanda anemia (kekurangan zat besi)

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan organ-organ tubuh tak bisa bekerja secara optimal. Beberapa gangguan dan efek antara lain seperti:

– Kekurangan saat hamil dapat menyebabkan gangguan motorik pada bayi

– Mengakibatkan tubuh mudah lelah, letih, lesu, pusing, dan masih banyak lagi.

– Menyebabkan munculnya penyakit anemia yang berbahaya.

Sedangkan untuk penyebab kekurangan zat besi sendiri cukup bervariasi. Mulai dari kondisi tubuh (hamil, anak-anak, pendarahan, dll), sampai dengan kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Oleh konsumsi makanan harian yang mencakup 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh kita. tidak hanya zat besi tapi juga vitamin lain yang sangat diperlukan tubuh. [Yuni – WartaSolo.com]