Beragam Manfaat Pohon Tabebuya untuk Lingkungan dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat Pohon Tabebuya untuk Lingkungan dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

Dewasa ini, tanaman atau pohon besar untuk penghijauan memang semakin digemari. Hal itu dibuktikan semakin banyaknya orang yang Jual Pohon Besar, di mana dapat dengan mudah Anda temukan secara online.

Adapun salah satu jenis pohon besar yang cukup diminati adalah tabebuya (nama latin: Handroanthus chrysotrichus). Pohon tabebuya ini sendiri di negara kita juga dikenal sebagai “pohon sakuranya Indonesia”. Pasalnya, bunga dari pohon tabebuya ini ketika mekar memang terlihat layaknya bunga sakura.

Perlu Anda ketahui, pohon tabebuya berasal dari Brazil, di mana saat ini sudah dapat ditemukan dengan mudah di Indonseia. Sebab, sekarang ini sudah banyak yang Jual Tanaman Penghijauan, termasuk di antaranya adalah pohon tabebuya.

Apa Saja Manfaat Pohon Tabebuya?

Apa Saja Manfaat Pohon Tabebuya

Tidak hanya soal keindahannya saja. Nyatanya, pohon tabebuya menyimpan banyak manfaat, baik untuk lingkunagn sekitar maupun kesehatan manusia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Pohon Pelindung

Manfaat pohon tabebuya yang pertama adalah sebagai pohon pelindung. Hal itu disebabkan karena pohon tabebuya ini memiliki batang yang besar serta daun yang rindang. Sehingga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya dari paparan sinar matahari ketika cuaca panas, serta melindungi dari hujan atau gerimis.

2. Membuat Perkarangan Rumah Lebih Teduh

Tidak hanya itu saja, pohon tabebuya juga bisa Anda manfaatkan untuk meneduhkan pekarangan rumah Anda. Adanya pohon besar yang rimbun di sekitar rumah, tentunya akan dapat membuat kondisi pekarangan rumah tersebut lebih teduh, sejuk dan udaranya segar.

Sebaliknya, pekarangan rumah yang kurang atau bahkan tidak memiliki pohon besar, maka suasananya akan panas dan gerah. Terlebih lagi ketika musim panas yang panjang dengan terik matahahari yang sangat tinggi.

3. Sebagai Alternatif Tanaman Hias

Masih banyak orang yang menganggap bahwa tanaman hias sebaiknya menggunakan tanaman ukuran kecil. Tentu saja pemikiran itu tidak sepenuhnya benar.

Sebab, pohon ukuran besar seperti tabebuya juga sangat cocok jika digunakan sebagai tanaman hias. Terlebih lagi, tabebuya memiliki bunga yang sangat indah dan berwarna-warni layaknya bunga sakura yang bermekaran.

Maka tidak mengherankan, jika saat ini banyak ditemukan pohon tabebuya yang ditanam untuk menghiasi rumah, kantor, jalan raya hingga taman agar terlihat indah dan sedap dipandang.

4. Mampu Menyerap Polutan dan Menjernihkan Udara Sekitar

Manfaat berikutnya dari pohon tabebuya adalah mampu menyerap polutan serta menjernihkan udara di sekitarnya. Semakin majunya dunia industri dan maraknya pengguna kendaraan pribadi, maka akan memberikan dampak semakin banyaknya jumlah asap dan polutan. Belum lagi debu dan kotoran yang beterbangan di jalan raya.

Dengan menanami pohon tabebuya, maka aneka kotoran, debu dan polutan yang ada dapat diserap oleh pohon tersebut. Alhasil, udara di sekitarnya akan terasa lebih jernih dan segar.

5. Dijadikan Pupuk Alami

Manfaat lainnya dari pohon tabebuya adalah dapat dijadikan sebagai pupuk alami atau pupuk kompos. Bunga-bunga dari tabebuya yang sudah berjatuhan, bisa dikumpulkan dan didiamkan selama beberapa hari agar mengalami pembusukan. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk pupuk kompos.

Dengan cara ini Anda tidak hanya dapat menghemat biaya untuk membeli pupuk. Namun Anda juga sudah ikut serta dapat melestarikan lingkungan di sekitar Anda.

6. Mengobati Berbagai Penyakit

Mungkin Anda tidak menyangka jika beberapa bagian dari pohon tabebuya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Dimulai dari daunnya yang berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan luka serta menurunkan demam/panas.

Tidak hanya itu saja, daunnya juga berperan dalam menambah jumlah sel darah bagi pasien yang membutuhkan, misal penderita anemia.

Dilanjutkan dengan akarnya yang dapat dijadikan teh tahibo. Adapun teh tahibo ini sendiri memilikikhasiat untuk mengobati flu dan pilek. Sangat cocok untuk mengatasi pilek dan flu yang kerap kali datang di musim penghujan dan pancaroba.

Sementara itu, daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria dan meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Di dalam bunga tabebuya terkandung naphthoquinone yang mampu menyembuhkan malaria sekaligus dapat meningkatkan imunitas dan mencegah infeksi.

SentraPohon Jual Pohon Besar untuk Penghijauan dan Taman

Demikianlah sedikit uraian mengenai manfaat pohon tabebuya. Apabila Anda ingin membeli pohon tabebuya serta tanaman penghijauan ukuran besar lainnya, maka Anda bisa mengunjungi website sentrapohon.com.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743