Program Flash Track UPER-UI Membuat Lulusan Semakin Siap Berkompetisi di Bursa Kerja

Program Flash Track UPER UI Membuat Lulusan Semakin Siap Berkompetisi di Bursa Kerja

Dewasa ini, persyaratan pendidikan untuk dapat bekerja di perusahaan selalu ditingkatkan. Hal itu sejalan dengan hasil survey dari CareerBuilder yang menyebutkan bahwa dalam lima tahun terakhir, sebanyak 32 persen perusahaan telah meningkatkan persyaratan pendidikan untuk bekerja.

Selain itu juga disebutkan bahwa 1 dari 4 perusahaan kini mempekerjakan lulusan bergelar Master (S2) untuk posisi yang sebelumnya diisi oleh lulusan Sarjana (S1). Suak atau tidak, begitulah kenyataannya sekarang ini di dalam dunia kerja. Mau tidak mau setiap orang yang ingin mendapatkan pekerjaan harus menyesuaikan diri agar dapat berkompetisi dalam mendapatkan pekerjaan yang layak.

Menyikapi kondisi itu, Universitas Pertamina (UPER) sebaagi salah satu Kampus Swasta Unggulan di Jakarta bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) sebagai kampus terbaik versi Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2022, melalui program flash track bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Perlu diketahui, program ini merupakan program percepatan belajar. Mahasiswa FEB bisa memperoleh gelar sarjana dari UPER sekaligus gelar Magister Ilmu Administrasi dari UI, hanya dengan menjalani pendidikan selama 5 tahun. Sehingga akan terjadi banyak efisiensi masa studi hingga satu tahun.

Mahasiswa Mendapatkan Mentoring & Pembekalan

Adapun program ini sendiri rencananya akan dimulai pada Tahun Akademik 2022/2023 mendatang, yakni dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa FEB UPER untuk mengambil Credit Earnings Program (CEP) di semester ke-7.

Para mahasiswa tersebut nantinya bakal mendapatkan bimbingan sekaligus pembekalan guna mengikuti seleksi masuk UI. Kemudian, mahasiswa tersebut dapat melanjutkan pendidikan magister di UI tanpa melalui matrikulasi lagi. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi para mahasiswa yang kuliah di Kampus Teknologi dan Bisnis Energi UPER ini.

Mahasiswa Berkesempatan Mengikuti Program Unggulan

Menariknya lagi, selama menjadi mahasiswa di UPER dan UI, para pendaftar di program flash track ini masih berkesempatan mengikuti berbagai program unggulan dari kedua kampus. Sebut saja program beasiswa, pertukaran pelajar ke luar negeri, magang di industri, dan program unggulan lainnya.

Meskipun lahir dari dunia industri, nyatanya UPER tidak hanya unggul dari segi kurikulum yang mutakhir, namun juga mampu menghadirkan pengalaman praktis bagi mahasiswa. Selain kegiatan praktikum di laboratorium, para mahasiswa juga secara rutin mendapat kuliah pakar dari para praktisi, melakukan kunjungan industri ke fasilitas milik Pertamina Group, dan magang industri baik di Pertamina Group maupun perusahaan lainnya.

Pembelajaran Mahasiswa Berbasis Proyek

Para mahasiswa juga terbiasa melakukan pembelajaran berbasis proyek (project based learning), didukung penuh keikutsertaannya di ajang inovasi dan kewirausahaan, serta dilibatkan dalam proyek penelitian para dosen.

Dengan adanya program flash track ini, diharapkan akan dapat menjadikan kualifikasi lulusan UPER semakin siap untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

Selain program flash track dengan UI, UPER juga sudah membuka program sejenis dengan sejumlah kampus kenamaan mancanegara, sebut saja Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia, University of Nantes (Université de Nantes) Prancis, hingga Malaysia Multimedia University.

Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut kembali membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) dan Ujian Masuk Online periode Mei -Juni untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Bahkan, Universitas Pertamina ini juga menyediakan beragam beasiswa dengan nilai total mencapai 23 Milyar Rupiah. Informasi selengkapnya terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id .

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743