Ketahui Beragam Peluang Usaha Menggunakan Mesin CNC Plasma Cutting

Ketahui Beragam Peluang Usaha Menggunakan Mesin CNC Plasma Cutting

Perkembangan teknologi digital tidak hanya memajukan bidang komputerisasi atau bidang-bidang di belakang meja saja. Namun juga merambah ke bidang teknik untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan teknik. Salah satunya dalam bidang pengelasan khususnya untuk memotong plat, logam dan material lainnya.

Kini sudah ada mesin CNC plasma cutting yang sangat memudahkan dalam urusan pemotongan plat. Adapun CNC atau Computer Numerical Control merupakan teknologi sistem kontrol yang menggabungkan antara teknologi komputer dengan peralatan mesin.

Dengan menggunakan mesin CNC plasma cutting, pekerjaan yang berhubungan dengan pemotongan logam, plat ataupun bahan sejenis lainnya akan lebih mudah dikerjakan. Selain itu juga akurasinya juga lebih baik serta hasil pengerjaan lebih halus dan rapi

Peluang Usaha Menggunakan Mesin CNC Plasma

Peluang Usaha Menggunakan Mesin CNC Plasma

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, mesin CNC plasma cutting ini sangat cocok digunakan untuk pengembangan usaha, ataupun ide peluang usaha. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Jasa Cutting Aksesoris Rumah

Peluang pertama adalah jasa cutting aksesoris rumah atau gedung. Beberapa gedung atau rumah, memiliki detail kecil misalkan pola batik atau bunga, bahkan logo bagi perusahaan.

Membua jasa pembuatan aksesoris rumah dan gedung menggunakan mesin CNC plasma cutting ini akan sangat menjanjikan. Anda dapat menawarkan pengerjaan yang lebih cepat dengan hasil yang memuaskan.

2. Jasa Cutting Pagar Rumah

Peluang usaha menggunakan mesin CNC plasma cutting yang selanjutnya adalah jasa cutting pagar dan kanopi. Menyesuaikan permintaan pasar, jasa cutting untuk pagar yang rumit akan sangat menguntungkan konsumen. Karena selain pengerjaannya akan jauh lebih bagus, waktunya juga lebih cepat daripada dikerjakan secara manual.

Bagi Anda pemilik bengkel atau jasa pembuatan pagar, Anda dapat mengupgrade kualitas bengkel Anda dengan mesin mesin CNC plasma cutting guna menggaet lebih banyak pelanggan.

3. Jasa Produksi Barang Secara Massal

Peluang usaha menggunakan mesin CNC plasma cutting yang ketiga, Anda dapat membuka usaha produksi barang secara massal. Adapun barang ini meliputi aksesoris rumah tangga atau ide souvenir pernikahan. Barang-barang kecil ini tentunya juga tidak membutuhkan banyak tempat jika Anda baru saja akan memulai usaha.

Tipe & Harga Mesin CNC Plasma Cutting

Setelah mendapatkan gambaran singkat mengenai peluang usahanya, Anda juga perlu memahami berbagai tipe dan harga mesin cnc plasma cutting. Saat ini sudah banyak yang menjual mesin semacam ini, salah satunya adalah MesinCNC.id.

1. Inseco CNC Plasma 1325

Inseco CNC Plasma 1325

Tipe yang pertama adalah mesin Inseco CNC Plasma 1325. Adapun mesin CNC plasma cutting yang satu ini didesain khusus untuk memotong bahan metal yang tidak terlalu tebal. Sebut saja logam seperti ornamen pagar atau aksesoris logam lain akan dipotong menggunakan sistem cutting plasma.

Sedangkan spesifikasi mesin ini antara lain adalah working area yang berukuran 1300 x 2500 mm, mendukung software desain berupa CorelDraw dan sheetcam yang bisa Anda gunakan untuk membantu menggambar pola atau desain.

Ditambah lagi dengan control system tipe Mach3, inverter plasma cut 60 atau cut 100. Selain itu juga ketebalan maksimal mulai dari 10 mm serta plasma torch-nya menggunakan straight torch p80, sehingga hasil akhirnya akan sangat rapi.

Kontrol motor yang digunakan ada 3 axis control motor yaitu stepper motor dan menggunakan double SBR20 guide untuk X dan Y travel system-nya. Sedangkan Z axis travelnya menggunakan SBR20 & Ballscrew 1204. Yang terakhir adalah menggunakan roller chain r25 untuk transmisinya. Dengan beragam keunggulan tersebut, mesin Inseco CNC Plasma 1325 ini dibanderol sekitar 81 juta rupiah.

2. Inseco CNC Plasma & Gas Cutting 1325

Inseco CNC Plasma & Gas Cutting 1325

Sementara itu, mesin CNC plasma cutting tipe yang kedua adalah Inseco CNC Plasma & Gas Cutting 1325. Mesin ini dapat memotong metal yang lebih tebal dibandingkan dengan mesin tipe yang pertama. Sistem pemotongannya adalah menggunakan plasma untuk logam tipis, dan pemotong gas untuk logam yang lebih tebal. Sedangkan untuk hasil produksinya kurang lebih sama dengan yang pertama.

Untuk spesifikasi juga sama, hanya saja mesin yang kedua ini menggunakan inverter plasma cut 60 atau cut 100. Selain itu, mesin Inseco CNC Plasma & Gas Cutting 1325 memiliki maksimum thickness mulai dari 10 mm, memakai straight torch  p80, stepper motor, double SBR20, menggunakan axis travel system SBR20 & Ballscrew 1204 dan transmisi roller chain r25.

Sedangkan untuk gas cuttingnya menggunakan industrial straight gas torch lalu maksimum gas thickness up to 40 mm dan terakhir menggunakan tipe gas 02 dan LPG. Mesin CNC plasma jenis ini dijual di pasaran dengan harga kurang lebih 88 juta. Untuk jangka panjang dan juga keberagaman proyek yang mampu dikerjakan, mesin CNC plasma yang kedua ini tentunya akan lebih menguntungkan.