6 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan

Bau mulut atau secara medis disebut dengan haliotis disebabkan karena kebersihan dan kesehatan mulut kurang terjaga. Selain itu, beberapa kasus bau mulut juga berasal atau merupakan indikasi dari penyait lain yang lebih serius. Bau mulut merupakan gangguan yang diderita sekitas 25% penduduk dunia.

Sekalipun nampak sepele, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau mulut agar masalah ini tidak berlarut-larut. Pasalnya, bau mulut bisa sangat mengganggu bahkan dapat menurunkan rasa kepercayaan diri Anda yang mengalaminya.

Bau mulut yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan mulut, biasanya disebabkan oleh beberapa bakteri gram-negatif seperti: Prevotella Melaninogenica, Centipeda Peridontii, Porphyromonas Gingivalis, Fusobacterium Periodonticum, Porphyromonas Endodontalis, Bacteroides Loescheii dan Prevotella Intermedia. Bakteri-bakteri ini akan membentuk plak dari sisa makanan yang tertinggal sehingga menyebabkan bau mulut.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Untuk mengatasi bau mulut ini, yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki cara membersihkan mulut, sikat gigi dengan benar dan teratur serta mengatasi gigi berlubang dan plak. Di samping itu, bau mulut atau haliotis ini juga dapat diatasi dnegan cara alami, sebagai berikut:

1. Jahe

Rimpang dengan sejuta manfaat ini tidak hanya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Kandungan antibakteri didalamnya dapat memberatas bakteri penyebab bau mulut.

Caranya dengan memarut satu ruas jahe, kemudian campurkan dengan sedikit air kemudian peras. Gunakan air perasan tersebut untuk berkumur. Lakukan setelah makan 2 – 3 kali dalam seminggu.

2. Minyak Kelapa

Bahan alami untuk mengatasi bau mulut yang berikutnya adalah minyak kelapa. Sebaiknya gunakan VCO (Virgin Coconut Oil) yaitu, minyak kelapa yang dibuat tanpa proses pemanasan. Minyak kelapa ini selain berfngsi untuk kecantikan juga dapat Anda manfaatkan untuk bau mulut.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara berkumur menggunakan satu sendok VCO atau minyak kelapa. Berkumur dan ratakan ke seluruh bagian mulut selama 5 – 10 menit kemudian ludahkan. Setelahnya berkumurlah dengan air hangat untuk membersihkan sisa minyak kelapa dalam mulut.

3. Garam Epsom

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan garam epsom. Untuk mendapatkannya Anda dapat membelinya di apotek atau toko kecantikan. Garam epsom mengandung anti bakteri dan juga dapat meghilangkan racun.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup larutkan gara epsom dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur, lakukan setiap hari. Anda dapat menggunakannya sebelum tidur. Setelah bau mulut hilang, Anda dapat menggunakannya sesekali untuk perawatan.

4. Cuka Apel & Air

Cara yang keempat untuk mengatasi bau mulut adalah dengan menggunakan cuka apel yang diencerkan dengan air. Cara penggunaanya dengan cara mencampur 1 – 2 sendok makan cuka apel dengan menggunakan segelas air. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan juga sebelu tidur. Saat berkumur ratakan larutan dalam mulut dan tahan selama 3 – 5 menit.

Kemudian bilas dengan cara berkumur kembali dengan air putih. Lakukanlah secara rutin untuk menghilangkan bau mulut dan nafas lebih segar.

5. Activated Charcoal

Activated charcoal bubuk arang aktif sudah digunakan oleh beberapa produsen pasta gigi untuk memutihkan gigi. Namun ternyata, selain memutihkan gigi Activated Charcoal juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Activated Charcoal bisa Anda beli di toko kosmetik ataupun toko online.

Cara penggunaanya adalah dengan menuangkan sekitar setengah sendok teh Activated Charcoal ke permukaan sikat gigi. Selanjutnya gunakan untuk menyikat gigi. Sikat dengan teliti sampai pada sela-sela gigi, setelahnya kumur seperti biasa sampai bubuk arang bersih. Lakukan 2 – 3 kali seminggu sampai bau mulut hilang sepenuhnya.

6. Daun Mint & Parsley

Bahan alami terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan masalah bau mulut adalah adalah daun mint dan parsley. Caranya adalah dengan membuat jus dari 2 sendok daun mint, 2 sendok parsley dan satu cangkir air.

Haluskan dengan blender kurang lebih selama dua menit. Setelahnya saring jus, dan pindahkan ke dalam botol bersih. Anda dapat menggunakan jus ini sebagai mouthwash setelah sikat gigi. Agar lebih tahan lama, simpan mouthwash ini di dalam kulkas.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743