Cara Menekuk Plat Besi Dengan Mesin

Mesin Tekuk Plat

Mesin tekuk plat adalah yang digunakan untuk melenturkan bahan plat, biasanya berbentuk lembaran logam. Menekuk plat ini dapat membentuk tikungan logam yang telah ditentukan dengan cara menjepit benda kerja antara pukulan yang pas dan mati. Pembengkokan atau menekuk plat ini biasanya disebut dengan bending.

Dengan adanya tekanan dari mesin sederhana bending, sepotong besi dapat menjadi bengkok. Biasanya pekerjaan bending ini menggunakan bahan lembaran logam, piring ataupun sepotong besi. Sekarang ini, untuk menekuk plat bisa menggunakan alat-alat atau mesin canggih yang dijual di pasaran. Bagaimana cara menekuk plat besi menggunakan mesin? Berikut ini informasinya.

Cara Menekuk Plat Besi

Mesin tekuk plat dapat mempermudah proses bending, hal tersebut dapat membuat bahan pada sisi luar sumbu netral mengalami tarikan lalu pada sisi lainnya akan mengalami tekanan. Berikut ini ada beberapa proses bending yaitu:

1. Angle Bending

Dengan angle banding yaitu dapat membentuk plat atau besi tertekuk pada bagian tertentu plat untuk hasil yang diinginkan. selain menekuk dengan angle bending juga bisa memotong plat yang disisipkan serta mampu membuat lengkungan dengan sudut hingga 150 derajat pada bahan bending. Hasil dari angle bending ini yaitu potongan plat berbentuk U, V, L dan lain-lain.

2. Press Brake Bending

Proses melakukan pekerjaan bending yang memanfaatkan penekan serta sebuah die (cetakana). Prosesnya yaitu meletakkan bahan plat pada cetakan kemudian ditekan dengan penekan yang nantinya hasilnya akan sesuai dengan die-nya. Biasanya hasil bendingnya berbentuk W, U dan bentuk-bentuk tertentu.

3. Draw Bending

Proses bending yang satu ini dilakukan dengan menggunakan roll penekan serta cetakan. Cara kerjanya yaitu roll akan berputar menekan plat dan kemudian akan terdorong kearah cetakan. Prosesnya dengan draw bending ini dapat menghasilkan jumlah banyak dan hasilnya sangat cepat.

4. Roll Bending

Roll bending umumnya dimanfaatkan untuk membuat bentuk silinder atau lengkung lingkaran dari plat yang disisipkan pada roll berputar. Cara kerjanya yaitu roll akan mendorong serta membentuk plat yang berputar terus menerus hingga membentuk silinder.

5. Roll Forming

Dalam proses ini logam akan dibengkokkan secara bertahap dengan menggunakan serangkaian roll yang terbuat dari besi baja karbon. Roll forming digunakan untuk membuat bentuk kompleks yang berbahan dasar lembaran logam. Dengan proses ini, tebal bahan tidak akan mengalami perubahan setelah maupun sebelum di roll forming.

6. Seaming

Proses ini digunakan untuk menyambung ujung lembaran logam supaya dapat membentuk benda kerja yang dibentuk dengan rol-rol kecil.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan ketika Memilih Mesin Bending

Ketika akan melakukan bending pada plat, anda harus menggunakan mesin agar pekerjaan lebih mudah. Dalam memilih mesin untuk bending ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya hasilnya bagus.

  • Tebal plat yang akan ditekuk atau bending harus memiliki satuan mm
  • Untuk panjang tekukannya atau kerja bending juga harus mempunyai satuan mm
  • Selain dua tersebut, lebar V opening yang dipakai juga harus mm satuannya
  • Sedangkan untuk tensile strength dari material yang digunakan satuannya kg/mm2

Demikian ulasan mengenai proses bending menggunakan mesin tekuk plat. Anda yang ingin melakukannya sendiri bisa menggunakan mesin tekuk plat agar hasilnya dapat memuaskan. Jika belum memiliki alatnya, Anda bisa cari mesin tekuk plat di Indotrading. Indotrading sebagai direktori bisnis terlengkap menjual berbagai macam kebutuhan seperti alat elektronik, spare part, alat mekanik hingga menyediakan jasa layanan untuk kebutuhan Anda. Segera hubungi dan dapatkan penawaran dengan harga terbaik.