8 Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris yang Bisa Anda Lakukan

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Bisa Anda Lakukan

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah sebuah keuntungan dan nilai plus bagi Anda. Dengan skill bahasa Inggris yang Anda miliki, maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin lebar. Terutama pada perusahaan yang mewajibkan para pelamarnya untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Namun bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris masih kurang, Anda tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan skill Anda.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

1. Pelajari Kata-kata Bahasa Inggris Dasar

Mempelajari kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan adalah langkah yang sangat bagus untuk dilakuakan dalam meningkatkan kemampuan Anda. Beberapa kata bisa Anda pelajari mulai dari kata tunjuk dan kata ganti orang pertama, orang kedua, orang ketiga dan kata lainnya yang sering dipakai dalam komunikasi.

2. Dengarkan Lagu Bahasa Inggris & Tulis Liriknya

Anda bisa meningkatkan kemampuan telinga Anda (listening), dengan cara rajin mendengarkan lagu berbahasa Inggris kemudian tulis ulang lirik-lirik yang telah Anda dengarkan. Untuk mengecek apakah salinan lirik yang Anda tulis sudah benar atau masih banyak salahnya, Anda bisa mencocokkannya dengan lirik lagu yang banyak beredar di dunia maya.

Semakin sering Anda melakukannya, maka kemampuan listening Anda akan semakin meningkat. Sehingga telinga Anda akan semakin sensitif dan jelas dalam mendengarkan kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris.

3. Menonton Film Berbahasa Inggris tanpa Subtitle Indonesia

Selain mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menyalin liriknya, Anda juga bisa mengasah kemampuan lsitening dengan banyak menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia. Untuk memulainya tidak ada salahnya jika sesekali Anda gunakan subtitle Indonesia. Jika menemukan kata atau frase kata yang sulit dipahami bisa Anda catat sehingga kosa kata (vocabulary) yang Anda miliki pun akan semakin banyak dan beragam.

4. Membaca Novel & Literatur Berbahasa Inggris

Untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading), Anda bisa mencoba membaca berbagai jensi novel berbahasa Inggris. Anda juga boleh membaca literatur dlam bahasa Inggris. Agar minat membaca Anda terjaga, Anda bisa membaca literatur tentang bidang yang Anda sukai. Misalnya jika Anda menyukai tentang biota laut, Anda bisa membaca buku atau jurnal online mengenai biota laut.

5. Rajin Membaca Kamus Bahasa Inggris

Selain rajin membaca buku, novel dan literatur berbahasa Inggris, maka Anda juga sangat disarankan untuk sering-sering membaca kamus bahasa Inggris. Hal ini selain dapat meningkatkan skill membaca (reading) juga akan semakin memperkaya kosa kata (vocabulary) yang Anda miliki.

6. Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah kosa kata bahasa Inggris yang Anda pahami sudah cukup banyak, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba menulis sesuatu dalam bahasa Inggris. Entah itu puisi, syair, curhat, cerpen atau apa saja untuk mengasah kemampuan Anda dalam menulis (writing).

7. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Jika Anda memiliki saudara, Anda bisa mengajaknya untuk berlatih percakapan dalam bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari untuk mengasah kemampuan dalam speaking. Bila perlu ajak seluruh anggota keluarga untuk menerapkan sehari sekali dalam seminggu untuk menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, khusus hari Selasa seluruh anggota keluarga hanya boleh berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

8. Kursus Online

Cara mudah selanjutnya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan mengikuti kursus secara online, misalnya saja di https://lister.co.id/kursus-general-english/. Cara ini relatif lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan belajar sendiri. Pasalnya, Anda akan dipandu secara langsung oleh pengajar ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Jika cara di atas Anda praktikkan secara rutin, maka kemampuan berbahasa Inggris Anda akan semakin terasah dan meningkat. Apalagi jika Anda memutuskan untuk mengikuti pembelajaran di lembaga kursus bahasa Inggris. Tentu saja skill Anda akan meningkat lebih pesat.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TOEFL, maka Anda bisa mengikuti kursus online di https://lister.co.id/kursus-toefl/.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743