Siswa SD Ini Harumkan Nama Sragen di Ajang Internasional, Siapakah Dia?


Siswa SD Ini Harumkan Nama Sragen di Ajang Internasional, Siapakah Dia

Siswa SD Ini Harumkan Nama Sragen di Ajang Internasional, Siapakah Dia? Namanya Lathif Anwar asal Sekolah Dasar Islam Terpadu Az-Zahra (SDIT Az-Zahra) Sragen. Ia merupakan siswa kelas 6 salah satu SD swasta di bumi Sukowati.

Ananda Lathif berhasil meraih Medali Perak bidang IPA dalam ajang bergengsi International Mathematics and Science Olympiade for Primary School (IMSO) di Singapura tahun 2017. Raihan yang membuat mata masyarakat kota kecil di ujung timur Jateng ini terbelalak.

Kota nan damai Sragen ternyata menyimpan bibit unggul. Prestasi internasional ini menambah deretan panjang yang membanggakan bumi Sukowati. Ajang olimpiade kelas internasional yang rentang waktu tanggal 20 – 24 November 2017 di Singapura lalu menghasilkan sosok anak-anak yang berprestasi.

Olimpiade ini dikuti oleh perwakilan dari 22 negara antara lain meliputi  yakni Singapura, Afrika Selatan,  Srilanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Bulgaria, China, Hongkong, Nepal, India,  Iran, Kazakhstan, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Belanda, dan Indonesia. Dalam hal ini delegasi Indonesia mengirimkan 12 anak yang meliputi 6 anak bidang IPA dan 6 anak bidang Matematika.

Kesempatan lain sebelumnya anak cerdas dari pasangan Bapak Supriyadi dan Ibu Sumarni beralamatkan Dusun Dedekan 02/1 Desa Pelemgadung Karangmalang telah menyabet Medali Emas di ajang OSN tingkat nasional. Oleh karena itu modal OSN dilanjutkan ke seleksi International Mathematics and Science Olympiade for Primary School (IMSO) di Jakarta yang terdiri dari 4 jenjang seleksi.

Alhasil pada tanggal 3 Oktober, laki-laki mungil itu dinyatakan lolos seleksi. Dengan kata lain ananda Lathif sebagai wakil Indonesia maju di tingkat internasional. Saat pra olimpiade, anak berotak encer itu mengikuti pembinaan oleh tim lomba pusat dan tim SDIT Az Zahra.

Baca Juga:

Keberhasilan si Lathif Anwar asal SD yang bernafaskan Islam itu semata-mata karena ijin Allah SWT. Sebagaimana dikutip dari http://www.sragenkab.go.id melalui kepala sekolah SDIT Az Zahra Sragen, Suparlan menuturkan:

“Subhnallah, al hamdulillah, wa laa ilaha illallah, wallahu akbar. Atas ijin Allah Kami persembahkan Medali Perak untuk Indonesia tercinta”

Dengan ini kebanggaan warga Sragen tidak hanya sebatas nasional melainkan dunia internasional. [M. Anis – WartaSolo.com]