Tips Mudah Hentikan Tidur Mendengkur



Tips Mudah Hentikan Tidur Mendengkur Dan Penyebabnya

Tips Mudah Hentikan Tidur Mendengkur Teman Keluarga dan Pasangan. Mendengkur atau kerap disebut juga mengorok sering dianggap sebagai gangguan saat tidur. Pada kesempatan kali ini Anda akan disuguhkan cara alami untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan mendengkur. Memang terasa kesal dan jengkel jika saat tidur Anda tak bisa nyanyak karena terdengar dengkuaran teman, keluarga, pasangan yang tidurnya mengeluarkan suara.

Suara yang ditimbulkan biasa menganggu rehat Anda. Tak hanya terganggu karena suara, mendengkur juga ditengarai dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti gangguan pernafasan, stroke dan atau penyakit jantung.

Biasanya suara ngorok ditengarai oleh beberapa hal, seperti riwayat keluarga, punya amandel besar yang dapat mempersempit jalan nafas, kelebihan berat badan, atau mengonsumsi minuman keras.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Kelapa di Pagi Hari

Kita juga harus pelajari beberapa faktor pokok mengapa orang tidur mendengkur, seperti masalah pada hidung atau saluran pernafasan, dan juga posisi tidur. Lalu, bagaimana solusi atua saran yang tepat untuk menghentikannya?

Tips Mudah Hentikan Tidur Mendengkur

Dilansir dari media kesehatan terkenal, ada tips alami untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan mendengkur.

1. Ubah posisi tidur

Cara yang pertama adalah dengan mungubah posisi tidur si pendengkur, seperti dilansir dari American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons (AAOMS) menerangkan jika orang kerap mendengkur ketika ia tidur terlentang. Para peneliti memberi saran agar mengubah posisi tidur dengan menyamping supaya tidur lebih nyaman. Posisi ini memberi efek pangkal lidah tidak bersinggungan dengan tenggorokan yang menimbulkan masalah dengan pernapasan.

2. Tinggikan posisi kepala

Lahkah kedua bisa mengubah posisi kepala yang ditaruh agak tinggi, Hal ini bertujuan untuk melancarkan pernapasan. Cara yang lebih sederhana dengan menopang tubuh bagian atas dengan menggunakan bantal.

3. Latihan untuk lidah dan tenggorokan

Berdasarkan keterangan Dr. Joseph Mercola bagi Anda yang sering tidur ngorok disarankan supaya melatih lidah dan tenggorokan agar memperkuat bagian tubuh tersebut. Mulailah dengan meletakkan bagian atas dan bawah molar (gigi di kedua sisi bagian belakang rahang) bersamaan, perlahan-lahan. Caranya dengan buka mulut, fokus pada penekanan molar selebar mungkin.

Lihat Juga: Segudang Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Nah, cara tersebut bisa diulangi ini sepuluh sampai 20 kali. Setelah 5 atau 10 menit akan merasakan otot rahang menguat.

4. Menghirup Uap

Mungkin Anda bisa mencoba cara sederhana ini sediakan mangkuk yang berisi air panas untuk menghasilkan uap. Letakkan kepala di atas mangkuk, tutupi dengan handuk dan hirup uap. Langkah bisa membersihkan dan mengurangi pembengkakan pada hidung dan meredakan hidung tersumbat. Atau mungkin bisa menambahkan minyak esensial juga bisa ditambahkan ke dalam mangkuk.

5. Hindari Alkohol dan Obat Penenang

Biasanya orang yang mengkonsumsi Alkohol dan Obat Penenang mudah mendengkur apakah benar? Benar karena membuat otot-otot lidah dan tenggorokan semakin rileks, sehingga sangat besar kemungkinan akan mendengkur.

6. Turunkan berat badan

7. Ganti bantal

8. Tidur yang cukup

Demikian informasi Tips Sederhana Cara Menghentikan Tidur Mendengkur semoga bermanfaat bagi kita semua dan tidur anda bisa lebih neyenyak lagi terima kasih. [Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]