Tips Cerdas Traveling untuk Vegetarian



Bagaimana Tips Cerdas Traveling untuk Vegetarian

Pola makan vegetarian sebaiknya tak jadi alasan untuk tidak traveling. Kendala memang selalu ada, namun jangan jadikan kendala tersebut sebagai alasan untuk kamu malas jalan-jalan.

Menurut Nila Tanzil, traveler yang jadi vegetarian sejak lahir ini mengaku tidak mengalami hambatan seperti kelelahan atau tidak nyaman saat ia traveling.

Kesulitan yang Nila Tanzil alami hanya untuk mencari dan mendapatkan makanan vegetarian tersebut. Terlebih lagi jika di destinasi yang menjadi tujuannya menjadikan daging sebagai menu utama.

Berikut tips bagi vegetarian menurut Nila Tanzil yang dilansir dari KompasTravel:

Minta bantuan warga lokal

Saat traveling, cari pertama yang paling mudah untuk menemukan restoran yang menyajikan makanan untuk vegetarian adalah bertanya dengan warga lokal. Jadi tak perlu ragu bertanya.

Cari di internet

Sekarang ini dunia makin maju dan mudah berkat adanya internet yang menyediakan berbagai informasi yang kamu butuhkan.

Maka dari itu saat sedang traveling, bagi kamu yang vegetarian bisa nih mencari restoran yang menyediakan makanan vegetarian.

Terkadang beberapa restoran memberikan tanda jika menyediakan kuliner vegetarian. Namun sebaiknya kamu melakukan verifikasi kembali dengan membaca ulasan-ulasan terpercaya dari para pengguna.

Cermat sebelum makan

Ada baiknya sebelum makan, kamu harus cermat. Maksud di sini adalah, ada baiknya kamu menjelaskan kepada pelayan bahwa kamu tidak mengonsumsi daging, ikan, dan daging-daging lain.

Agar lebih cermat kamu bisa bertanya kepada pelayan restoran untuk apa bahan-bahan yang digunakan misalnya minyak yang digunakan.

Cari substitusi

Cara termudah selanjutnya kamu bisa mengganti makanan kamu dengan biskuit, roti, dan kudapan-kudapan lainnya. Makanan-makanan ini bisa ditemukan di supermarket-supermarket terdekat di setiap destinasi yang kamu kunjungi.

Memang menjadi seorang vegetarian tak mudah, karena kamu harus cerdik dalam memilih destinasi traveling demi menjamin ketersediaan kuliner penuh dengan sayuran. Berikut ini kota-kota di dunia yang ramah untuk dikunjungi traveler pecinta makan sayuran.

1. New York, Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki penduduk yang mayoritas adalah imigran dari berbagai negara dengan latar belakang dan suku bangsa yang berbeda-beda. Maka dari itulah kekayaan kulinernya beragam.

Jika berbicara tentang Amerika Serikat, New York lah jadi kota paling ramah bagi vegetarian. Kota terpadat di Amerika Serikat ini punya restoran vegetarian yang lebih banyak dibandingkan kota-kota lain, sebut saja restoran vegetarian seperti Pure Food & Wine, Candle Cafe dan Dirt Candy.

Namun sayangnya, restoran-restoran tadi selalu penuh pembeli, jadi disarankan bagi kamu untuk memesan terlebih dahulu sebelum datang.

2. Chennai, India

Bisa dibilang India jadi tempat lahirnya kamu vegetarian khususnya di wilayah India Selatan. Di sini banyak warga yang menganut agama Hindu, Buddha dan Jainisme.

Dalam Jainisme vegetarian berlaku pada seluruh penganutnya sedangkan Hindu dan Buddha hanya dilakukan oleh beberapa orang saja.

Jadi tak heran, jika India menjadi sebuah negara dengan warga penganut vegetarian terbesar di dunia.

Kebanyakan daerah-daerah di sini punya komunitas vegetarian tersendiri dan tersebar di negara bagian Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala dan Tamil Nadu. Banyak menu pilihan vegetarian mulai dari kari sayuran, roti isi sayuran, serta aneka olahan makanan sayuran lain.

3. Chiang Mai, Thailand

Tak hanya India yang terkenal dengan warga vegetarian terbanyak, namun Thailand juga jadi salah satu negara dengan populasi Buddha terbesar di dunia.

Oleh sebab itu, negara ini memiliki banyak restoran dengan menu pilihan yang ramah bagi vegetarian, salah satu kota Chiang Mai. Di sini ada segudang restoran vegetarian.

Chiang Mai, kota yang terletak di utara Thailand ini punya banyak restoran yang menyajikan menu sayuran untuk vegetarian.

Salah satu yang menjadi favorit traveler adalah Pun Pun, restoran dengan tiga lokasi di kota tersebut. Menariknya menu yang dijual adalah makanan khas Thailand namun dengan bahan-bahan sayuran yang siap disantap para vegetarian.

4. Glasgow, Skotlandia

Kawasan Britania Raya juga jadi salah satu destinasi yang ramah bagi traveler vegetarian.

Saat berkunjung ke Skotlaindia, kamu bisa melipir sedikit ke kota Glasgow di Skotlandia. Kota ini jadi salah satu kota terbaik untuk vegetarian di kawasan persemakmuran Inggris yang didaulat pada tahun 2013 silam.

Pemilihan kota Glasgow sebagai kota ramah bagi vegetarian tidak lepas dari berbagai pertimbangan salah satunya karena jumlah restoran vegetarian kian bertambah setiap tahunnya.

Salah satu restoran vegetarian yang menjadi favorit traveler adalah Mono Cafe Bar yang ada di Merchant City. Di restoran ini terkenal dengan menu burritonya yang lezat .

Kabarnya restoran ini juga memiliki pabrik pembuatan bir sendiri. Tentu masih banyak menu vegetarian lainnya yang bisa dipesan di sana selain burrito.

5. London, Inggris

Ternyata London juga ramah bagi para vegetarian lho Bahkan London, Inggris menduduki kota paling ramah vegetarian di dunia pada tahun 2009 silam.

Di sini ada sekitar 130 restoran vegetarian yang tersebar di seluruh wilayahnya dengan pilihan menu yang beragam dan menggugah selera. Restoran vegetarian yang bisa kamu pilih saat berkunjung ke sini adalah restoran Food for Thought, sebuah restoran paling terkenal di Convent Garden. Masakan yang dijual di sini beragam mulai dari menu Inggris, Meksiko hingga India.

Gimana kamu tertarik berkunjung ke kota-kota tadi?

Untuk kamu yang sedang cari tiket pesawat murah dan ingin booking hotel murah, dapatkan di www.reservasi.com saja ya. Diskonnya banyak, dan prosesnya mudah lho.

Nah, untuk kamu yang sedang cari hotel murah di Jogja, sedang ada promo nih di www.reservasi.com, cek langsung saja ya!