Website sscnakun.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung Online Mulai 01 Agustus, Daftar Sekarang Disini!

Website sscnakun.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung Online Mulai 01 Agustus, Daftar Sekarang Disini!

Website sscnakun.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung Online Mulai 01 Agustus, Daftar Sekarang Disini! Langkah-langkah pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017, tata cara pendaftaran CPNS Mahkamah Agung 2017 online di website SSCN BKN pada penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun ini. Bagaimana cara mudah mendaftar CPNS 2017 online di website SSCN BKN dengan alamat portal https://sscnakun.bkn.go.id. Lihat jadwal tata cara, persyaratan dan formasi cpns 2017 yang dibutuhkan pada penerimaan cpns tahun 2017 ini. Jadwal pendaftaran CPNS 2017/2018 mulai Selasa (01/08/2017) hingga Kamis (31/08/2017). Bagi peserta yang baru pertama kali mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil pasti agak bingung bagaimana cara pendaftaran dan langkah-langkah pendaftaran CPNS 2017 di website sscnakun.bkn.go.id, maka dari itu kami tim redaksi Warta Solo mencoba menghadirkan cara pendaftaran online CPNS 2017 di website sscnakun.bkn.go.id.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bahwa cpns kali ini dengan formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM dengan total formasi sebesar 19.210 orang.


Hal ini bisa dikatakan terbilang besar. Totak kebutuhan akan pemenuhan jabatan itu juga mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang. BACA JUGA: SYARAT PENDAFTARAN CPNS KEMENKUMHAM 2017 DAN JUGA TATA CARA PENDAFTARAN CPNS MA 2017.

Website sscnakun.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2017 Online

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, proses pengadaan CPNS dilakukan melalui tahapan (1) perencanaan, (2) pengumuman lowongan, (3) pelamaran, (4) seleksi, (5) pengumuman hasil seleksi, (6) pengangkatan CPNS dan masa percobaan CPNS, dan (7) pengangkatan menjadi PNS.

PENDAFTARAN PESERTA SECARA ONLINE:

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar CPNS wajib mempersiapkan :

NIK (Nomor Induk Kependudukan) Calon Pelamar, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga

Data-data lain sesuai dengan syarat pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing Instansi (dapat dilihat di menu Pengumuman)

Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar pada masing-masing Instansi. Untuk Instansi yang menggunakan SSCN dapat langsung ke menu login di Portal SSCN, sedangkan untuk Instansi yang tidak menggunakan SSCN, dapat melanjutkan ke Portal pendaftaran Instansi.

PENDAFTARAN HANYA DI 1 (SATU) INSTANSI:

Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Instansi untuk 1 (Satu) pilihan nama jabatan dalam 1 (Satu) jenis formasi Jabatan (Formasi Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik (Cumlaude)/Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas) pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

SELEKSI:

Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi

PENGISIAN DATA:

Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan gugur dan tidak dapat diproses lebih lanjut.

PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN

Instansi baik Pusat maupun Daerah yang membuka penerimaan seleksi CPNS Tahun 2017 mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Instansi. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Instansi.

ALUR PENDAFTARAN CPNS 2017 DI PORTAL SSCN

Dan berikut adalah alur pendaftaran CPNS 2017 serta langkah-langkah untuk mendaftar CPNS 2017 2017 secara online di https://sscnakun.bkn.go.id yang kami kutip dari situs resmi SSCN BKN.

TAHAP PERTAMA : VALIDASI NIK

  • Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)Pelamar dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga

Catatan:

  1. Pastikan NIK Pelamar, Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang Anda isikan benar dan terdaftar dalam database Kependudukan dan Catatan Sipil.
  2. Sistem akan melakukan pengecekan terhadap data NIK, Nomor KK atau NIK KK Anda dan selanjutnya jika data sudah benar, Anda dapat melakukan pendaftaran.
  3. Apabila Anda mengalami kendala terkait data Kependudukan dan Catatan Sipil silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di wilayah sesuai KTP Anda.
  • Masukan kode captcha yang terbaca di layar monitor Anda, kemudian klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan proses pengisian biodata pelamar.

TAHAP KEDUA : PENGISIAN BIODATA PELAMAR

  • Cek kembali kolom NIK, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir Sesuai KTP
  • Jenis kelamin dipilih sesuai dengan kondisi nyata
  • Nama diisi sesuai dengan Ijazah tanpa gelar
  • Tempat lahir diisi sesuai dengan Ijazah berdasarkan nama kabupaten atau kotamadya (Daerah Tingkat II)
  • Tanggal, bulan dan tahun lahir sesuai yang tertulis di Ijazah
  • Isikan alamat email Anda, untuk alamat email harus sesuai dengan format penulisan email
  • Pilih pertanyaan pengaman 1, kemudian masukan jawaban sesuai dengan pertanyaan pengaman yang dipilih. Catat dan simpan jawaban pertanyaan pengaman yang Anda buat.
  • Pilih pertanyaan pengaman 2, kemudian masukan jawaban sesuai dengan pertanyaan pengaman yang dipilih. Catat dan simpan jawaban pertanyaan pengaman yang Anda buat.
  • Masukan kode captcha yang terbaca di layar monitor Anda, kemudian klik tombol Daftar.
  • Setelah sukses melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan user berupa NIK dan password sesuai yang didaftarkan. User NIK yang telah terdaftar tidak dapat diubah.
  • Setiap pelamar akan mendapatkan 1 (satu) User NIK yang dapat digunakan untuk login ke portal pendaftaran online CPNS.

TAHAP KETIGA : PENCETAKAN KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2017

  • Setelah berhasil melakukan pendaftaran akun ke portal SSCN, lakukan pencetakan Kartu Informasi Akun SSCN dan simpan file sebagai tanda bukti pendaftaran akun Anda.
  • Untuk dapat menampilkan Kartu Informasi Akun SSCN 2017, pastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan telah terinstal software Adobe Acrobat Reader atau browser Chrome.
  • Lakukan pencetakan dan simpan file Kartu Informasi Akun SSCN 2017
  • Catat dan simpan User NIK dan Password Anda
  • Selanjutnya Anda sebagai pelamar dapat melanjutkan pendaftaran pada formasi yang ada di masing-masing Instansi.

TAHAP KE EMPAT : PILIH INSTANSI UNTUK FORMASI CPNS 2017

  • Pelamar login ke Portal SSCN dengan menggunakan User NIK dan Password yang telah terdaftar sesuai dengan Kartu Informasi Akun SSCN 2017
  • Jenis lowongan formasi yang ada adalah Umum, Putra/Putri Lulusan Terbaik, Disabilitas dan Putra/Putri Papua-Papua Barat
  • Pilih nama Instansi yang telah membuka pendaftaran CPNS, kemudian klik CEK untuk memvalidasi Instansi yang menggunakan Portal SSCN atau Portal Instansi
  • Jika Pelamar memilih Instansi yang menggunakan Portal SSCN maka Pelamar dapat melanjutkan ke tahap pengisian kelengkapan data lamaran pada portal SSCN
  • Jika Pelamar memilih Instansi yang menggunakan Portal Instansi, maka Pelamar dapat mencetak Informasi Instansi Non SSCN kemudian melanjutkan ke tahap pengisian kelengkapan data lamaran pada Instansi sesuai dengan alamat portal Instansi dengan menggunakan User NIK dan Password yang telah terdaftar sebelumnya di Portal SSCN.

TAHAP KELIMA : PILIH FORMASI JABATAN SESUAI KUALIFIKASI PENDIDIKAN (KHUSUS UNTUK INSTANSI YANG MENGGUNAKAN SSCN)

  • Isi alamat domisili secara jelas
  • Pilih nama Propinsi sesuai dengan alamat domisili Anda
  • Pilih nama Kabupaten atau Kota berdasarkan nama Propinsi
  • Isi tinggi badan dalam centimeter (jika diperlukan)
  • Pilih status perkawinan Anda
  • Isikan setidaknya 1 (satu) nomor telpon atau nomor handphone Anda
  • Kemudian klik tombol Simpan untuk menyimpan data pilihan jabatan formasi kemudian melanjutkan proses upload dokumen sesuai dengan syarat pendaftaran instansi
  • Untuk melakukan pencetakan kartu informasi akun, kartu pendaftaran SSCN, dan kartu peserta ujian CPNS dapat dilihat pada menu Riwayat.
  • Pelamar yang lulus seleksi administrasi dapat melakukan pencetakan Kartu Peserta Ujian dapat melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa melihat selengkapnya cara mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil secara online di website sscnakun.bkn.go.id melalui BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SSCN dari situs resmi SSCN BKN dibawah ini.

BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SSCN

Demikianlah info tentang Website sscnakun.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung Online dalam rangkaian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham dan Mahkamah Agung 2017. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari info tentang jadwal, formasi, persyaratan dan tata cara pendaftaran CPNS 2017 di website sscnakun.bkn.go.id. [Wisnu Ramadhon – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Nasional
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...