CPNS 2017 Mahkamah Agung dan Kemekumham RI, Jadwal Lengkap Alur Pendaftaran Online website sscn.bkn.go.id


CPNS 2017 Mahkamah Agung dan Kemekumham RI, Jadwal Lengkap Alur Pendaftaran Online website sscn.bkn.go.id. Pendaftaran CPNS 2017 telah dibuka pemerintah dengan formasi calon pegawai negeri sipil sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HA. Pemerintah memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. Peluang jabatan ini menjadi menjadi prioritas dengan mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, serta banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.

Melalui laman resmi https://www.menpan.go.id Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bahwa cpns kali ini dengan formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM dengan total formasi sebesar 19.210 orang. Hal ini bisa dikatakan terbilang besar. Totak kebutuhan akan pemenuhan jabatan itu juga mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Lowongan formasi untuk MA (Mahkamah Agung) sebesar 1.684 calon hakim meliputi kebutuhan pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Perlu ditegaskan bahwa posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Berbeda dengan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga analis keimigrasian. Ada kuota untuk penjaga Lapas yang jumlahnya terbilang besar mencapai empat belas ribu dengan persyaratan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer. Selengkapnya bisa Anda cek di website resmi website sscn.bkn.go.id. Atau Anda simak di laman ini dan bisa download informasi resmi cpns 2017 MA dan Kemenkumham berupa pdf.

Sekilas kuota CPNS dari Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.526 kursi tepatnya, terdiri dari 14.000 memangku jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Kebutuhan lowongan untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

CPNS 2017 Mahkamah Agung dan Kemekumham RI, Website Resmi Informasi Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil

Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, situs Mahkamah Agung seperti https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum.mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/, dan untuk situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Pendaftaran online bisa Anda ikuti langkah dan aksesnya melalui melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus. Seleksi ini terintegraasi di laman tersebut sehingga penting rasanya bagi Anda yang berminat bisa mengakses setiap saat dan mengikuti perkembangan terbaru. Tim wartasolo.com juga akan membantu memantau sejauhmana perjalanan proses cpns 2017. Ini tidak jauh berbeda dengan proses seleksi cpns 2017 dari tahun 2016.

CPNS 2017 Mahkamah Agung dan Kemekumham RI, Jadwal Lengkap Alur Pendaftaran Online website sscn.bkn.go.id

Alur perjalanan dari pendaftaran online hingga pengumuman hasil seleksi cpns 2017 ini tidak mirip seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

DOWNLOAD ALUR CPNS 2017 MAHKAMAH AGUNG RI

DOWNLOAD ALUR CPNS 2017 KEMENKUMHAM RI

Pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, peserta akan langsung mengetahui nilainya. Hendaknya tidak percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. [M. Anis – WartaSolo.com]