Rute Mudik Lebaran Jakarta-Semarang via Tol. Mudik atau pulang ke kampung menjadi salah satu tradisi wajib bagi para perantau masyarakat Indonesia setiap menjelang libur khususnya libur lebaran. Mudik 2017 kali ini mungkin akan terasa spesial karena rute telah dibuat baru oleh pemerintahan jokowi.

Jarak tempuh jakarta-semarang memakan waktu agak lama mengingat lebaran ini akan ada banyak sekali para perantau yang mudik menggunakan kendaraan pribadinya. Jalur mudik mobil dipastikan akan melewati jalur tol sehingga akan mempermudah perjalananya. Sedangkan jalur mudik motor mungkin akan menjadi hal baru para perantau karena mereka akan diarahkan ke jalur alternatif yang telah disedikan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR.Lihat Juga: DP BBM Lebaran Mudik Lebaran Dengan Mobil dan Motor Asikk….


Jalur mudik jakarta-semarang 2017 menjadi sangat ramai, namun tahun ini pemerintah telah menyelesaikan big proyeknya dengan membuat jalur tol sebagai solusi kemacetan yang hampir terjadi tiap tahunya. Mungkin bagi anda yang ingin mudik dengan Mobil bisa mengikuti jalur mudik yang akan kami sajikan tim WartaSolo.com berikut ini.BACA JUGA: Kue Lebaran Paling Mak Nyuzz….!

Rute Mudik Lebaran Jakarta-Semarang via Tol

Rute Mudik Lebaran Jakarta-Semarang Via Tol Terkini

Bagi anda yang hendak mudik ke daerah Jawa Tengah, kini bisa menggunakan jalan tol hingga ke Weleri, Kendal. Berikut tujuh ruas jalan tol yang bisa kamu lewati: Tol Jakarta – Cikampek, Tol Cikopo – Palimanan (Cipali), Tol Palimanan – Kanci, Tol Kanci – Pejagan, Tol Pejagan – Pemalang, Tol Pemalang-Batang, dan Tol Batang-Semarang.

Walaupun melalui tujuh ruas jalan tol, anda hanya perlu dua kali melakukan pembayaran yakni di pintu tol Palimanan dan pintu tol Brebes Timur. Hal itu dikarenakan telah diberlakukannya sistem tol integrasi.

Selanjutnya jika anda masuk dari Cikarang Utama, kamu baru membayar di pintu tol Palimanan sebesar Rp 109.500 dengan rincian Cikarang Utama-Cikopo Rp 13.500 dan Cikopo-Palimanan Rp 96.000.

Integrasi juga dilakukan untuk ruas Tol Palimanan-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, dan Tol Pejagan-Pemalang (hingga Brebes Timur). Di pintu tol Brebes Timur kamu akan dikenakan tarif Rp 55.500 dengan rincian Palimanan-Kanci Rp 11.500, Kanci-Pejagan Rp 24.000, Pejagan-Brebes Timur Rp 20.000.

Tol Pejagan-Pemalang kini sudah bisa dilalui secara penuh. Setelah kamu keluar Brebes Timur kamu bisa melanjutkan menggunakan tol hingga Pemalang melalui Tegal secara fungsional atau gratis.
Tol Pemalang-Batang pun dibuka secara fungsional untuk mengurai kepadatan di jalur Pantura. Selanjutnya Tol Batang-Semarang bisa kamu gunakan secara gratis hingga ke Weleri, Kendal (52 kilometer sebelum Semarang). Sisanya kamu bisa melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura.
Total biaya tol yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 165.000.

Jika kamu melakukan pembayaran non tunai maka kamu akan mendapat diskon sebesar 20 persen. Jadi, tarif yang dikenakan di pintu tol Palimanan sebesar Rp 87.600, sementara di Brebes Timur sebesar Rp 44.400. Maka total biaya tol yang dikeluarkan adalah Rp 132.000.

Sebagai informasi terkait Untuk mengatasi kemacetan, selain penggunaan jalan tol secara fungsional, pemerintah juga mempersiapkan empat flyover, yakni Fly Over (FO) Dermoleng, Klonengan, Kesambi dan Kretek di Kabupaten Brebes dan Tegal.

“Harga Tol sewaktu-waktu dapat berubah silahkan update terus harganya di dinas jasamarga”

Demikianlah informasi update Rute Mudik Lebaran Jakarta-Semarang Via Tol Menggunakan Mobil dengan biayanya, info diatas kami ambil dari berbagai sumber seperti http://www.jasamarga.com , wikipedia apabila belum jelas silahkan menggunakan GPS yang terdapat pada smartphone anda terima kasih [ Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]