WartaSolo.com – Coklat tidak saja enak rasanya, namun ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi pemakannya. Terbukti, mengkonsumsi coklat secara teratur mendorong kebaikan kesehatan. Apalagi produk coklat hitam (dark chocolate) yang lebih kaya akan unsur kakao daripada gula atau susunya. Selain itu juga mengandung antioksidan dan berbagai senyawa lain yang memengaruhi sehatnya tubuh dari sisi fisik dan mental.

Lantas, apa saja manfaat positif makan coklat secara rutin bagi kesehatan tubuh? Laman Malaysia Digest menjelaskan bahwa mengonsumsi coklat dengan rutin dapat memunculkan efek positif seperti ini:


  1. Memperbaiki suasana hati. Secangkir coklat yang kaya dengan asam amino triptofan ternyata mampu meningkatkan serotonin pada otak secara alami. Tingginya serotonin secara positif merangsang kebaikan suasana hati. Di lain sisi, triptofan mendorong hasrat seksual karena juga merangsang produksi endorfin.
  2. Meningkatkan ketajaman pandangan. Ternyata tidak hanya mengkonsumsi wortel yang baik unuk kesehatan mata. Coklat pun memiliki manfaat yang sama. Studi yang dilakukan Universitas Reading di Inggris menemukan, coklat hitam membantu meningkatkan kemampuan melihat seperti saat dalam keadaan cahaya redup pada cuaca yang sedang memburuk.
  3. Menyehatkan jantung. Coklat mampu membawa kesehatan bagi jantung jika dimakan secara teratur. Sebagaimana dijelaskan dalam studi yang dipublikasikan Journal of Nutrition dan British Medical Journal disebutkan, coklat akan menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Hanya saja, pilih coklat yang kadar kakaonya lebih tinggi dibanding tambahan gulanya.
  4. Melindungi kulit dari pengaruh sinar ultraviolet. Bagaimana bisa? Rupanya kandungan flavanoid pada coklat dapat menurunkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar UV, memengaruhi ketebalan kulit, hingga meningkatkan aliran darah.
  5. Menurunkan berat badan. Hal ini sangat cocok bagi Anda para pelaku diet yang meniginginkan penurunan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Diabetes, mengonsumsi 100 gram coklat hitam dapat mengurangi keinginan untuk ngemil setelah makan. Coklat bertindak sebagai penekan nafsu makan.

Itulah beberapa manfaat makan coklat secaraa teratur yang ternyata sangat baik untuk kesehatan.