Menu Spesial Ramadhan: Empal Gepuk Daging Sapi Empuk dan Enak Banget

Menu Spesial Ramadhan: Empal Gepuk Daging Sapi Empuk dan Enak Banget

Menu Spesial Ramadhan: Empal Gepuk Daging Sapi Empuk dan Enak Banget. Jawa Barat memanglah sangat terkenal karena hasil olahan masakan dan minuman kulinernya. Namun ada salah satu makanan yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia yaitu empal gepuk. Mungkin jika Anda mendengar nama empal gepuk pastinya sudah tidak asing lagi.

Empal gepuk merupakan salah satu makanan kuliner yang dibuat dengan menggunakan bahan utama beupa daging sapi. Cita rasa dari empal gepuk cenderung manis dan gurih. Tekstur daging yang empuk dari empal gepuk didapatkan dari proses perebusan kemudian penumbukan pada daging sapi tersebut.


Proses penumbukan daging sapi mirip dengan pembuatan abon sapi. Dalam bahasa Sunda, proses pemukulan atau penumbukan selama berkali – kali ini dinamakan dengan istilah gepuk. Empal gepuk memiliki kemiripan nama dengan kuliner lain yang berasal dari daerah Cirebon yaitu empal gentong.

Hal ini dikarenakan kedua makanan tersebut sama – sama dibuat dari daging sapi. Tetapi ada hal yang membedakan kedua makanan tersebut yaitu terdapatnya kuah pada empal gentong. Sedangkang empal gepuk tidak memiliki kuah.

Menu Spesial Ramadhan Berupa Empal Gepuk Daging Sapi Empuk dan Enak Banget

Berikut resep dan bahan membuat empal gepuk yang enak banget, dagingnya empuk banget

Bahan – bahan Membuat Empal Gepuk

  • 1/2 kg Bawang merah
  • 700 ml Santan kelapa
  • 2 – 3 lembar Daun salam
  • 1 sendok teh Air asam jawa + 50 ml Air
  • Minyak goreng secukupnya.

Bumbu Membuat Empal Gepuk

  • 10 buah Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 2 sendok mteh Ketumbar halus
  • 2 ruas jari Lengkuas
  • 2 sendok teh Gula merah
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 1 batang Serai

Cara Membuat Empal Gepuk Yang Enak dan Empuk

  1. Pertama siapkan panci rebusan yang sudah diisi dengan air, letakkan di atas kompor dengan nyala api sedang.
  2. Kemudian masukkan daging dan rebus hingga mendidih dan benar – benar empuk, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya potong – potong daging sapi dengan ketebalan sekitar 1 cm. Potong dengan mengikuti alur serat daging sapi tersebut.
  4. Lalu pukul – pukul daging sapi hingga pipih dan mudah diolah, tusukkan lidi agar daging menjadi lurus dan tidak menggulung.
  5. Setelah itu siapkan panci rebusan, tuangkan air santan kelapa dan masukkan bumbu halus, daun salam, serta asam jawa ke dalam panci rebusan.
  6. Aduk – aduk semua bahan hingga tercampur secara merata dan rebus di atas kompor dengan nyala api kecil, tunggu hingga mengental atau kering.
  7. Kemudian siapkan wajan penggorengan yang sudah diisi dengan minyak goreng secukupnya dan panaskan.
  8. Setelah minyak goreng sudah cukup panas, masukkan daging sapi ke dalam wajan.
  9. Goreng daging sapi hingga berubah warna menjadi hitam kecoklatan dan garing, setelah daging sapi matang, angkat dan tiriskan.
  10. Lalu letakkan empal gepuk di atas piring saji, taburi dengan bawang goreng di atasnya, dan siap dihidangkan selagi masih hangat.

Demikian tadi cara membuat empal gepuk khas jawa barat yang enak banget, daging sapinya yang empuk membuat masakan yang satu ini diburu para penggemarnya. Anda juga bisa juga mencoba resep lain seperti opor ayam atau sate kambing. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Rendang Daging Yang Yummy Banget, Rasanya Nempel Dilidah [YuQe-WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...